Yuk, Sulap Barang Bekas Jadi Uang!

Inspirator, kamu tahu nggak kalau ternyata limbah sampah bisa didaur ulang menjadi barang yang bermanfaat? Bukan sekadar dijadikan hiasan, barang-barang dari bahan bekas ini juga bisa dipasarkan kepada masyarakat. Harga jualnya bervariasi, bahkan banyak pula yang menjual olahan barang bekas dengan harga tinggi. Tertarik untuk memulai bisnis baru dengan bahan minimalis? Yuk, sulap barang bekas kamu jadi uang dari bahan-bahan berikut!

1. Kain bekas atau kain perca

Related image
Foto: http://www.enhebrando.com/

Jika Inpirator banyak memiliki pakaian bekas atau kain bekas, ada banyak pilihan usaha yang bisa kamu buat. Mulai dari usaha pouch, totebag, bantal, gantungan kunci, hingga matras. Tidak perlu khawatir jika kamu hanya memiliki kain berukuran kecil, kain perca juga banyak peminatnya, kok! Kreasi pada gambar di atas kelihatan menggemaskan, bukan?

2. Kaleng bekas

Related image
Foto: https://inhabitat.com/

Karena kaleng membutuhkan waktu lama untuk hancur, kamu bisa berkontribusi positif untuk lingkungan dengan membuat usaha mendaur ulang kaleng bekas. Buatlah produk yang fungsional dan/atau aestetik supaya memiliki nilai jual. Ada banyak alternatif bentuk yang bisa Inspirator buat, mulai dari miniatur, celengan, tempat menaruh kapas, bahkan vas tanaman.

3. Kaset CD bekas

Related image
Foto: https://www.pinterest.com/pin/466896686355146458/

Eits, jangan remehkan barang bekas satu ini. Jika kamu memiliki kaset CD bekas, ada baiknya Inspirator mengolah barang itu menjadi karya yertentu. Kreasi yang bisa kamu bentuk pun banyak, seperti cermin, miniatur, juga hiasan pada gitar. Dijamin, nilai jual produkmu bisa semakin tinggi, deh!

4. Koran bekas

Related image
Foto: https://www.shophappygolucky.com/

Jangan lupa lirik koran bekas sebagai peluang usahamu. Biasanya, koran hanya sekali dibaca orang sebelum masuk ke gudang. Daripada terus menumpuk di sana, kamu bisa lho, membuat karya dari koran bekas. Gambar di atas bisa jadi referensimu dalam menentukan usaha.

5. Plastik bekas

Image result for fairy house from recycled plastic
Foto: https://www.youtube.com/watch?v=3l7nBYsE8t8

Menurut penelitian yang dikutip dari Kompas.com, sebanyak sembilan miliar ton plastik telah diproduksi sejak tahun 1950 dan kini memenuhi tanah dan lautan dunia. Oleh karena itu, diperlukan tindakan efektif untuk mengatasi sampah plastik ini, salah satunya dengan mengolah plastik bekas menjadi barang berguna yang bisa dijual. Gambar di atas memperlihatkan jika ternyata, kreasi dari plastik bekas bisa terlihat mahal dan seakan-akan bukan berasal dari plastik bekas, menarik sekali bukan?

Inspirator tertarik untuk menyulap bahan bekas jadi uang dari bahan apa, nih? Semoga usahamu berjalan lancar, ya!

Untuk Inspirator yang tinggal di Surabaya, atau sedang berada di Surabaya, botol plastikmu bisa ditukarkan untuk dapat tiket gratis naik Suroboyo Bus, lho. Tidak percaya? Baca di sini.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here