Yuk, Kenali Lupus Sejak Dini Agar Tak Salah Persepsi

Lupus
Foto: Youtube.com

Selamat hari lupus sedunia, Inspirator!

Bagi kebanyakan orang, lupus merupakan penyakit yang kurang diperhatikan dan sering diabaikan. Padahal, penyakit ini setara dengan kanker, lho. Sysctemic Lupus Erythematosus (SLE) atau yang lebih sering dikenal dengan nama lupus adalah penyakit inflamasi kronis yang memiliki imunitas atau kekebalan tubuh yang berlebihan. Lupus biasa menyerang tubuh bagian kulit, otot, tulang, ginjal, sistem saraf, sistem kardiovaskuler, paru-paru, hati, sistem pencernaan, mata, otak, maupun pembuluh darah dan sel-sel darah.

Saat ini, penderita lupus di dunia mencapai lima juta orang dan dipercayai akan terus bertambah setiap tahunnya. Lupus biasa menyerang wanita pada usia 14-50 tahun. Namun, tidak menutup kemungkinan lupus juga bisa menyerang pria, anak-anak, dan juga orang dewasa yang berusia di atas 50 tahun. Selain itu, menurut data dari Foundation of America, orang keturunan Asia, Afrika, dan penduduk asli Amerika lebih rentan terkena penyakit lupus dibandingkan mereka yang berasal dari ras Kaukasia.

Walaupun, sampai saat ini lupus belum ditemukan obatnya, tetapi terbukti masih banyak Odapus (orang dengan lupus) yang dapat bertahan hidup. Salah satunya adalah penyanyi sekaligus bintang Hollywood Selena Gomez. Selena didiagnosa terkena penyakit lupus sejak tahun 2013. Dan sejak saat itu, ia pun rutin menjalani kemoterapi, pengobatan, serta diet yang ketat.

Ilustrasi: www.wallpapersafari.com

Tak ketinggalan, pendiri Yayasan Lupus Indonesia (YLI) yaitu Tiara Savitri juga dinyatakan terkena lupus sejak tahun 1987. Namun berkat kegigihannya, hingga saat ini ia tetap dapat bertahan hidup dan memiliki misi untuk membantu Odapus lain mendapatkan informasi mengenai lupus.

Sebenarnya, obat yang sangat berpengaruh untuk Odapus adalah support dari orang terdekat seperti keluarga dan teman-teman. Tidak ada alasan bagi Inspirator untuk menjauhi para Odapus, karena penyakit lupus sendiri tidak menular. Di samping itu, semangat untuk terus berjuang juga harus tetap ada dalam diri Odapus. Oleh karena itu, yuk, kita sama-sama berjuang untuk melawan penyakit ini!

Bagi Inspirator yang ingin mengenal lebih jauh apa itu lupus, tonton video ini, ya.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here