Young Leaders Contributor Summit

Sebagai bagian dari rangkaian acara National Leadership Camp 2016 yang digagas oleh Rumah Kepemimpinan, bertempat di Auditorium Djokosoetono Fakultas Hukum Universitas Indonesia diselenggarakan acara Young Leaders Contributor Summit pada tanggal 5 Mei 2016 lalu. Acara ini dihadiri oleh peserta beasiswa Rumah Kepemimpinan dari berbagai regional di Indonesia dan sejumlah komunitas. Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya secara khidmat oleh seluruh peserta, dilanjutkan dengan pemberian sambutan oleh Bachtiar Firdaus selaku Direktur Eksekutif Rumah Kepemimpinan.

Yoyok Riyo Sudibyo, Bupati Batang dalam Young Leaders Contributor Summit
Bupati Batang, Yoyok Riyo Sudibyo, sedang memberikan speech dihadapan para peserta. (Sumber: www.twitter.com/ppsdms)
Acara semakin meriah ketika Bupati Batang, Yoyok Riyo Sudibyo, memberikan keynote speech dan berbagi cerita inspiratif mengenai perjalanan karirnya. Beliau juga menuturkan bahwa menjadi pemimpin adalah seni dan pemimpin akan lahir pada saat dan tempat dimana rakyat membutuhkan. Di akhir sesi, Bupati Batang yang meraih penghargaan Bung Hatta Anti-Corruption Award (BHACA) 2015, melantunkan puisi indah yang dibuatnya sendiri dihadapan para peserta. Sesi berikutnya diisi oleh Arifin Purwakananta selaku Direktur Amil Zakat Nasional. Menurut Beliau, membangun Indonesia adalah membangun desa-desa. Desa adalah reservoir sumber daya sekaligus subjek pembangunan.
Young Leaders Contributor Summit
Moderator sedang memandu acara talkshow yang dihadiri Ivan Ahda dan Goris Mustaqim. (Sumber: www.twitter.com/ppsdms)
Acara talkshow dilanjutkan dengan menghadirkan pembicara-pembicara yang track recordnya sudah tidak diragukan lagi diantaranya yaitu Ivan Ahda (CEO Maxima Indonesia) dan Goris Mustaqim (CEO Asgar Muda Foundation). Dalam pemaparannya, Ivan Ahda, salah satu calon ketua ILUNI UI, menekankan mengenai tantangan pemimpin muda masa kini ada tiga yaitu resource mobilization, life plan dilemma, dan the popularity trap. Materi selanjutnya dibawakan oleh salah satu alumni tersukses PPSDMS (atau yang kini disebut Rumah Kepemimpinan) yang pernah diundang oleh Presiden Barack Obama untuk menghadiri acara Presidential Summit Entrepreneurship 2010, Goris Mustaqim, mengenai Lean Approach for Social Enterprise/Social Movement. Semakin siang, antusiasme peserta semakin meningkat, hal ini terlihat dari banyaknya pertanyaan yang ditunjukkan kepada para pembicara. Setelah ishoma, acara dilanjutkan kembali dengan pembicara yang tidak kalah inspiratif yaitu Dali Sadli Mulia (Corporate Social Responsbility Specialist Chevron) dan Lukman Tanjung (Presiden Direktur Wijaya Equity). Pak Dali membawakan materi mengenai peran CSR dalam sebuah perusahaan. Sementara itu, Pak Lukman berbagi cerita mengenai perjuangannya dalam membangun bisnis. Kesuksesan acara ini tidak terlepas dari peran para moderator yang merupakan alumnus Rumah Kepemimpinan, antara lain Aqil Wilda Arief (Corporate Relation Rumah Kepemimpinan), Nisa Vidya Yuniarti (Co-Founder KISI), Reza Zaki (CEO Rumah Imperium), dan Nur Agis Aulia (CEO Banten Bangun Desa).
Young Leaders Contributor Summit
Seluruh perwakilan komunitas sedang mendeklarasikan gerakan kontribusi untuk Indonesia. (Sumber: www.twitter.com/ppsdms)
Acara pada hari itu ditutup dengan pembacaan deklarasi dari seluruh perwakilan komunitas yang hadir sebagai wujud gerakan kontribusi untuk Indonesia, yang isinya berbunyi: “Hari ini kami pemuda Indonesia yang tergabung dalam Youth Contributor tergugah dari kegelisahan bahwa Indonesia membutuhkan banyak kontribusi. Dari kegelisahan kami bersatu ciptakan karya dan menjadi inspirasi.

Depok 5 Mei 2016

Kami! Youth Contributor! Bersama Mewujudkan Indonesia Bisa!”  

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Penulis : Nindya Kharisma Cahyaningtyas Editor   : Kintan Lestari Inspirator Freak Twitter : @InspiratorFreak Facebook : facebook.com/InspiratorFreak Instagram : @inspirator_freak Web : www.inspiratorfreak.com LINE : @inspiratorfreak (menggunakan @)

SHARE
Previous articleMedina Kamil, Travelling Itu Butuh Semangat Tak Terpatahkan
Next article7 Manfaat Menarik Donor Darah

LEAVE A REPLY