Yogurt Terbuat dari Susu Basi–Mitos atau Fakta?

Photo: hellosehat.com

Berbicara tentang yogurt, masih banyak orang menganggap kalau yogurt terbuat dari susu basi. Itu karena produk olahan susu ini memiliki cita rasa asam. Tetapi, benarkah yogurt terbuat dari susu basi?

Susu basi berbeda dengan yogurt

Sebelumnya, susu basi adalah susu yang sudah rusak komposisinya karena terjadi proses pembusukan. Dalam proses pembusukan ini zat-zat yang terkandung di susu menjadi tidak lagi layak untuk dikonsumsi. Selain itu, susu yang melewati masa tenggat produksi juga disebut susu basi, karena zat-zat yang terkandung tidak memiliki fungsi lagi, bahkan bisa membahayakan kalau dikonsumsi.

Yogurt terbuat dari susu basi? Mitos!

Photo: lifestyle.bisnis.com

Justru, yogurt terbuat dari susu segar yang dipasteurisasi, yaitu proses pemanasan susu dengan temperatur tinggi untuk mematikan mikroorganisme berbahaya yang masih ada di dalam susu. Selanjutnya, akan difermentasikan dengan bakteri Lactobacillus bulgaricus–bakteri baik yang umum ditemukan di mulut dan berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh-‘dan bakteri Streptococcus thermophilus–berfungsi menguraikan susu menjadi yogurt dan memberikan cita rasa asam.

Saat proses fermentasi berlangsung, dua bakteri ini akan mengubah laktosa (gula susu) menjadi asam laktat. Yogurt memiliki cita rasa asam dikarenakan bakteri yang dimasukkan saat proses fermentasi.

Aman dikonsumsi penderita maag

Photo: eatthis.com

Meskipun yogurt rasanya asam, penderita maag tetap dibolehkan mengonsumsi yogurt, lho. Hasil penelitian dari The Amerian Gastrointestinal Association merekomendasikan yogurt karena dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan, membantu meredakan sembelit, diare, dan berbagai permasalahan usus lainnya.

Yogurt yang mengandung probiotik (bakteri baik) ini dapat membantu melawan bakteri H. pylori–bakteri jahat yang dapat menyebabkan radang dalam sistem pencernaan. Adanya probiotik di dalam yogurt ini dapat menekan pertumbuhan dan aktivitas bakteri H. pylori, sehingga yogurt tetap aman dikonsumsi.

Tetap perhatikan kadar lemaknya

Meskipun begitu, penderita maag tetap harus memperhatikan kadar lemak di setiap kemasan produk yogurt. Tidak semua produk yogurt memiliki kadar lemak sama. Kalau kadar lemaknya tinggi, justru akan semakin sulit dicerna.

Nah, setelah membaca penjelasan di atas, jangan sampai salah kaprah lagi ya, Inspirator! Yogurt terbuat dari susu segar yang dipasteurisasi dan difermentasi. Pastikan yogurt yang kamu beli disimpan di lemari pendingin supaya saat dikonsumsi rasanya tetap segar dan enak.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here