Wisata Murah Dan Bersejarah Di Rumah Jagoan Betawi

Wisata Murah Dan Bersejarah Di Rumah Jagoan Betawi

Bosan dengan objek wisata yang itu-itu saja? Apalagi harus membayar mahal untuk satu tiket. Inspirator coba deh Wisata Murah Dan Bersejarah Di Rumah Jagoan Betawi. Gak sekadar liburan, di objek wisata Rumah Si Pitung Inspirator akan menemukan kisah perjalanan hidup sang jagoan.

Rumah Sipitung merupakan situs cagar budaya yang masuk dalam jalur destinasi wisata yang dirancang oleh Pemerintah Kota Jakarta Utara. Berlokasi di Kampung Marunda, Cilincing, Jakarta Utara, Rumah Sipitung menawarkan pengalaman berwisata yang murah dan menarik. Berikut ulasannya.

Rumah Sipitung Bukanlah Rumahnya Sipitung
Wisata Murah Dan Bersejarah Di Rumah Jagoan Betawi
foto: Inspirator Freak

 

Menurut kisah turun temurun yang dipercaya oleh masyarakat setempat, Rumah Sipitung awalnya bukanlah rumah milik keluarga Sang Jagoan. Rumah ini dulunya milik Haji Syafiuddin, seorang bandar pengusaha ikan yang pernah dirampok oleh Pitung.

Rumah Sipitung bergaya Bugis
Foto: sayangi.com
Foto: sayangi.com

Meski berada dikawasan Batavia, Rumah Sipitung bukanlah rumah bergaya Betawi. Rumah yang telah berdiri pada awal abad ke-19 ini justru bergaya arsiktektur Bugis. Hal ini dikarenakan kawasan Marunda berupa wilayah pesisir yang sering mengalami banjir rob akibat air laut pasang. Tak heran jika kemudian berbentuk rumah panggung.

Asal Usul Nama Pitung

Wisata Murah Dan Bersejarah Di Rumah Jagoan Betawi

Nama Pitung sebenarnya nama panggilan sang nenek karena dulunya Pitung anak yang sangat nakal. Konon asal usul nama Sipitung diambil saat Pitung mementung pintu. Suara pentungan itulah yang kemudian dijadikan nama panggilan oleh sang nenek. Sementara itu nama aslinya adalah Raden Muhamad Ali.

Robin Hood Betawi
Foto: kolektorsejarah.wordpress.com
Foto: kolektorsejarah.wordpress.com

Pitung diibaratkan Robin Hood ala Betawi karena pada saat itu dia dikenal sebagai perampok namun hasil rampokannya digunakan untuk menolong orang-orang yang menderita. Sosoknya kemudian dikembangkan menjadi karakter Robin Hood versi Betawi oleh Lukman Karmani. Dalam novel berjudul Si Pitung, sang jagoan dikisahkan sebagai pahlawan sosial.

Itu dia gambaran  Rumah Sipitung saat Inspirator Freak berkunjung kesana. Cukup membayar tiket seharga Rp.5000, Inspirator bisa menikmati wisata sejarah disana. Selain itu, tak jauh dari kawasan cagar budaya juga terdapat Masjid Al Alam yang diyakini memiliki keterkaitan dengan sang jagoan.

Yuk, berwisata sejarah di kawasan pesisir Jakarta Utara!

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Penulis: Ifa Ikah

Innspirator Freak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here