Waspada Penyakit Menular dan Cara Pencegahannya

Sumber : http://www.ccchd.com

Penyakit menular disebabkan mikroorganisme seperti bakteri, virus, maupun jamur yang dapat ditularkan dari satu orang ke orang lain. Yuk, kenali jenis penyakit apa saja yang bisa menular dan cara pencegahannya.

Tuberkulosis (TBC)

Sumber : www.istockphoto.com

Tuberkulosis adalah penyakit infeksi saluran pernapasan yang disebabkan bakteri basil, yang cenderung menginfeksi paru-paru. Penyakit ini biasanya ditandai batuk terus menerus. Jika kamu berdekatan dengan penderita TBC, ada kemungkinan kamu bisa terinfeksi, karena penyakit ini menular melalui udara.

Cara pencegahan yang dapat kamu lakukan adalah:

  1. Mengurangi kontak dengan penderita TBC aktif. Jika kamu harus melakukan kontak, pakai masker untuk mengurangi risiko tertular.
  2. Perhatian bagi orangtua, penting untuk memberikan vaksin BCG pada anak-anaknya yang masih balita
  3. Menerapkan pola hidup sehat

Penyakit PES

Sumber : www.alodokter.com

PES atau biasa disebut Pesteurellosis merupakan penyakit pada tikus dan hewan pengerat yang disebabkan bakteri dan dapat menular ke manusia. Cara penularannya melalui gigitan kutu tikus yang sebelumnya mengisap darah tikus yang terkena penyakit PES. Penyakit ini juga dapat menular melalui air liur dan kontak langsung dengan menyentuh luka, permukaan tanah yang terkena bakteri, dan mengonsumsi makanan dan minuman yang tercemar bakteri.

Cara pencegahan yang dapat kamu lakukan adalah:

  1. Membersihkan lingkungan tempat tinggalmu
  2. Menghindari kontak langsung dengan penderita PES. Gunakan masker dan sarung tangan jika ingin melakukan kontak langsung
  3. Menjaga pola hidup sehat

AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome)

Sumber : 8pm.life

AIDS adalah penyakit yang menyerang sel-sel darah putih yang bertugas membentuk kekebalan tubuh manusia. Penyakit ini menular melalui hubungan seksual, cairan tubuh, transfusi darah. Ibu yang menderita AIDS juga dapat menularkan penyakitnya pada anak yang di kandungannya.

Cara pencegahan yang dapat kamu lakukan adalah:

  1. Hindari terkena cairan tubuh penderita AIDS
  2. Memakai secara terpisah benda-benda pribadimu dengan penderita

Zaman memang semakin canggih, namun banyak juga penyakit baru yang mengintai untuk menyerang kekebalan tubuh kamu lho, Inpirator. Karena itu, penting untuk menerapkan pola hidup sehat dengan selalu berolahraga dan mengonsumsi makanan yang mengandung gizi tinggi.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here