Warning! Teror Simbol Hitam Bikin Aplikasi WhatsApp Error?

Photo: Dokumen pribadi

Beberapa hari ini, pengguna WhatsApp dihebohkan pesan berisi simbol hitam yang dikirimkan baik dengan cara broadcast maupun personal chat. Katanya, kalau kamu mengeklik simbol hitam itu, aplikasi WhatsApp-mu akan error. Benarkah begitu?

“Teror” sejenis tahun lalu

Sebelum pesan tentang simbol hitam ini beredar, pengguna WhatsApp juga pernah mendapatkan pesan berupa deretan angka 4 dan 0 dalam jumlah banyak dan sempat membuat WhatsApp penerima error. Ternyata, model pesan seperti ini dirancang untuk mengerjai teman.

Photo: portalmadura.com

Lalu, apakah pesan berisi simbol hitam itu juga dirancang untuk mengerjai teman?

Beredarnya pesan seperti itu tentu menimbulkan kehebohan di kalangan pengguna WhatsApp. Berulang kali pesan itu muncul di group chat maupun personal chat. Apakah kamu termasuk pengguna yang menerima pesan itu, Inspirator?

Sebagian dari kamu mungkin segera mengabaikan pesan iseng ini, tapi tidak sedikit yang penasaran dan mencoba mengekliknya. Wah, kalau kamu termasuk orang yang penasaran dan ingin tahu kebenarannya, hati-hati, ya! Aplikasi WhatsApp-mu bisa mendadak error dan tidak merespons. Sama seperti pesan deretan angka 4 dan 0 yang dirancang untuk mengerjai teman, pesan simbol hitam ini pun tidak jauh berbeda. Sampai saat ini, belum diketahui secara pasti kenapa tanda tersebut bisa membuat aplikasi WhatsAppmu tidak merespons. Yang jelas, pesan simbol hitam ini sejenis malware (malicious software)–software berupa program yang menyelusup dan bisa merusak sistem.

Telanjur klik? Jangan panik!

Kalau telanjur terjadi, jangan panik! Kamu hanya perlu mendiamkan smartphone-mu sebentar, karena error-nya hanya bertahan sementara. Kalau lebih dari 15 menit tidak ada respons dari aplikasi WhatsAppmu, segera reset kembali perangkatmu. Setelah itu, aplikasi WhatsApp bisa digunakan seperti semula.

Memang, ada-ada saja keisengan pengguna WhatsApp zaman now. Yang terpenting kamu harus berhati-hati dan jangan asal klik apa pun yang mencurigakan ya, Inspirator. Sifat terlalu ingin tahu tidak selalu bermanfaat. Sama seperti aplikasi chat lain, gunakan WhatsApp secara bijak dengan tidak menyebarkan pesan yang bisa merugikan orang lain.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here