Halo Inspirator! Ada yang tahu ngga hari ini hari apa? Ya! Hari Valentine atau biasa disebut hari kasih sayang. Bagi sebagian orang, hari spesial ini dirayakan dengan memberikan kado terindah untuk orang tersayang seperti coklat, boneka, bunga mawar atau makan malam bersama di tempat yang romantis.

Selain ada banyak fakta-fakta menarik tentang perayaan ini, ternyata ada juga fakta-fakta suram dibaliknya yang tidak banyak orang ketahui. Berikut fakta-fakta suram seputar Hari Valentine yang bisa membuat Inspirator tercengang:

1. Tau sejarah kelam dari Valentine’s Day, Inspirator?

Ilustrasi | Sumber : https://cbsnewyork.files.wordpress.com/2012/02/valentine-history-letter.jpg

Ya. Pada 14 Februari di abad ke-3 Masehi, Santo Valentinus dibunuh dikarenakan ia melaksanakan pernikahan secara diam-diam. Di akhir abad ke-4 Masehi, Paus Gelasius mendeklarasikan tanggal 14 Februari guna memperingati Santo Valentinus. Selanjutnya, peringatan Santo Valentinus disetiap 14 Februari diasosiasikan dengan cinta dan romansa dan dikenal luas sebagai Hari Valentine.

2. Meningkatnya penjualan kondom

Valentine
Ilustrasi | Sumber : www.womenshealthmag.com

Sebagian orang salah menginterpretasikan makna Valentine itu sendiri. Hari tersebut justru dimanfaatkan untuk melampiaskan nafsu seksual bersama pasangan. Bahkan, penjualan kondom di salah satu kota di Indonesia meningkat drastis, hingga 70% dalam kurun waktu hitungan hari menjelang Valentine’s Day. Let’s celebrate it with positive activities, Inspirator!

3. Ternyata bunga mawar memproduksi emisi karbon dioksida (CO2)

Ilustrasi | Sumber : https://beccaboosandkimblebees.files.wordpress.com

Bunga mawar menjadi salah satu kado pada hari kasih sayang. Tercatat di setiap perayaan ini, seperti yang dilansir Flowerpetal.com, sebanyak 100 juta bunga mawar yang tumbuh untuk keperluan Valentine’s Day di Amerika Serikat memproduksi sebanyak 9,000 metrik ton emisi karbon dioksida (CO2).

4. Ternyata pengangkutan bunga mawar di Amerika menggunakan banyak bahan bakar

Ilustrasi | Sumber : http://worldmaritimenews.com/wp-content/uploads/2015/06/Carnival-Magic-Coming-Earlier-to-Port-Canaveral.jpg

Menjelang Februari, cuaca di Amerika Serikat sangat buruk sehingga tidak memungkinkan untuk memenuhi permintaan bunga mawar dalam negeri yang melonjak drastis. Jadi, pasokan bunga mawar harus diimpor dari negara-negara Amerika Selatan, terutama Kolombia. Dalam pengangkutan bunga mawar ke Amerika Serikat dari Amerika Selatan membuat bahan bakar yang dikeluarkan menjadi sangat boros.

5. Harga Bunga Mawar MAHAL

Ilustrasi | Sumber : www.clker.com

Di Amerika Serikat, harga Bunga Mawar dapat naik lebih dari 30% dari harga awal menjelang Hari Valentine. Duh, bisa buat dompet cowok semakin tipis nih!

Itu dia Inspirators, 5 Fakta Suram seputar Hari Valentine. Jika Inspirators anggap merayakannya tanpa pasangan itu suram, setidaknya Inspirators mengetahui bahwa lebih banyak fakta suram yang ada saat Valentine’s Day.

Keep Breathing Keep Inspiring!

Penulis : Agung Tyanto

Editor   : Nindya Kharisma Cahyaningtyas

Inspirator Freak

Twitter: @InspiratorFreak

Facebook : facebook.com/InspiratorFreak

Instagram : @inspirator_freak

web : www.inspiratorfreak.com

LINE : @inspiratorfreak (menggunakan @)

SHARE
Previous articleBosan Perayaan Valentine yang Mainstream? Ini 6 Rekomendasi Valentine Anti-Mainstream Buatmu
Next articleAyo Lawan Mitos Kanker Anak, Sekarang!

LEAVE A REPLY