Foto: Washingtonpost.com

Jika Inspirator anak fisika, pasti udah hafal banget sama teori relavitas Albert Einstein. Teori yang merupakan gagasan bahwa hukum fisika adalah sama di mana pun, baik di bumi maupun di seluruh jagad raya. Teori relavitas khusus dan teori relavitas umum ini diperkenalkan Einstein pada1905 dan 1907 untuk menjelaskan gelombang elektromagnet yang tidak sesuai dengan konsep dari Newton.

Jika Inspirator salah satu yang bingung dan sulit memahami teori dari ilmuwan jenius ini, ada baiknya mengintip ‘kunci jawaban’ yang dibuat langsung si pemilik teori.

Dilansir dari CNN Indonesia, sebuah surat yang berisi kumpulan pertanyaan terkait fisika, termasuk teori relavitas dan dijawab langsung oleh Albert Einstein pada 1953, berhasil terjual dalam lelang dengan harga US$15 ribu atau setara Rp 200 juta.

Surat tersebut ditulis Einstein untuk seorang guru fisika, Arthur L Converse yang menanyakan pertanyaan tentang ilmu eksakta itu. Surat berusia 63 tahun itu tertulis dari ‘Room 115’ Institute for Advance Study di Princeton, New Jersey, per 7 September 1953.

Dalam surat tersebut Converse mengajukam sepuluh pertanyaan terkait fisika elektrostatika kepada Einstein. Converse juga menanyakan tentang konsep listrik dan magnet yang memiliki keterkaitan dengan teori relavitas khusus dari Einstein.

Diketahui pula, dari pertanyaan Converse, Einstein mendapat pemikiran lain yang ia tuangkan dalam bentuk diagram dan ditulis tangan. Tentu, semua pertanyaan Converse tersebut dijawab semua oleh Einstein.

Surat balasan dari Einstein itu kemudian terjual dalam lelang yang diadakan pada 30 Maret lalu oleh Balai Lelang Nate D Sanders. Namun pihak balai lelang enggan memberikan informasi siapa pembeli kunci jawaban tersebut.

Keep Breathing, Keep Inspiring! 

Inspirator Freak 

 

LEAVE A REPLY