v1mast

V1MAST kembali mengharumkan nama Indonesia di Tanah Eropa melalui karya mereka. Band pengusung genre pop-rock ethnic atau yang biasa disebut dengan world music ini berhasil menjadi satu-satunya band yang berhak tampil di Gala Concert Award Ceremony, festival Musica del Mar yang dihelat di Lloret de Mar, Catalunya, Spanyol pada 25-28 Juni 2017 yang lalu, V1MAST terpilih setelah beradu kebolehan bermusik dengan 100 kontestan lainnya melalui dua tahap penjurian.

Proses penjurian dan penampilan Band yang diawaki oleh oleh Viza K. Mahasa (vokal, gitar, sape, gamelan, angklung, dll) dan Vais Randi (dram, sequencer, kibord) yang pertama, diadakan di Concert Hall Auditorium GCCB, di Av. Vila de Tossa, Lloret de Mar, Girona pada 26 Juni 2017 yang menampilkan 100 kontestan. Pada babak penyisihan tahap pertama ini, V1MAST membawakan sebuah komposisi medley berdurasi 15 menit yang mereka sebut dengan konsep ‘gesrek’.

Tampil memukau yang membuat mata tercengang sekaligus menghibur telinga penonton dengan alunan konsep musik modern dibalut musik tradisional Indonesia yang menghasilkan kolaborasi musik eskperimental, V1MAST lolos dan tampil di babak penyisihan tahap kedua di Tossa de Mar yang hanya menampilkan 19 kontestan.

Untuk babak penyisihan tahap kedua, Viza dan Vais sengaja memangkas komposisi yang telah mereka aransemen sebelumnya menjadi 7 menit dengan bobot yang lebih pelan. Sesuai permintaan penyelenggara, V1MAST tidak diperkenankan menghidangkan komposisi berdistorsi mengingat acara berlangsung di dalam Vila Vella, kota berbenteng abad pertengahan yang berdiri gagah di pesisir pantai Catalunya.

Viza pun memutuskan untuk tidak menggunakan gitar PRS andalannya dan hanya memainkan sape, gamelan sambil menyanyikan medley lagu “Kurikulum Hatimu” dan “Jogja Love Story”. Tampil di urutan buncit, band asal Jakarta ini berhasil menghipnotis mata para penonton yang hadir sekaligus mencuri perhatian juri untuk memuluskan langkah mereka ke tahap akhir, Gala Concert Award Ceremony yang dihelat pada 28 Juni 2017 yang lalu.

Di tahap akhir, yaitu Gala Concert Award Ceremony, V1MAST memberikan yang terbaik dan keluar sebagai pemenang juara kedua, dan tidak hanya itu, Viza K. Mahasa dan Vais Randi juga dianugerahi penghargaan spesial oleh Fiestalonia Milenio, Balai Kota Lloret de Mar, Balai Kota Tossa de Mar, Departemen Kebudayaan Tossa de Mar, Department Pariwisata Lloret de Mar, Kementerian Budaya Catalunya, dan asosiasi “World of Culture” dan Charity Fund “Fundacion SOS” atas keunikan dan kesempurnaan mereka dalam menyuguhkan perpaduan musik modern dengan musik etnik.­

“Alhamdulillah, bersyukur sekali, walau jauh dari keluarga pas Lebaran, V1MAST masih bisa melanglang buana dan menyuguhkan yang terbaik melalui musik kami. Ini pasti jadi milestone baru untuk V1MAST yang makin membuat kami semangat dalam bermusik. Mohon dukungan semua ya!”, ucap Vais Randi setelah menerima penghargaan.

Yap! Kemenangan ini lagi-lagi adalah bentuk nyata Indonesia memang keren! V1MAST hanya salah satu jendela dan corong yang membawa fakta tersebut.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Inspirator Freak

SHARE
Previous articleBong Kopitown, Restaurant yang Menampilkan Ala Penjara
Next articleManfaatkan Peluang Bisnis Yang Makin Hits, Mahasiswa Unpad Gelar Lomba Proposal Business Plan

LEAVE A REPLY