V1MAST, Kenalkan Musik Indonesia Melalui Genre World Music
Jumpa pers di De Leila, FX Jakarta

Terbilang baru di belantika musik Indonesia, V1MAST, mengejutkan publik tanah air dengan sejumlah prestasinya. Band yang beranggotakan Viza K. Mahasa dan Rais Randi ini mendunia dengan mengenalkan musik Indonesia melalui genre world musicnya.

Genre world music atau familiar dikenal genre pop-rock-etnik dipilih V1MAST sebagai karakter musik mereka. Dengan menggabungkan musik modern dan musik tradisional seperti gamelan, angklung, sape Dayak, dan beberapa alat musik lainnya, V1MAST menciptakan musik yang unik dan easy listening. Tak heran jika kemudian musiknya berhasil memikat hati penggemarnya.

Dalam acara jumpa pers di De Leila, FX Jakarta, Kamis, 29 September 2016, Viza, sang vokalis mengisahkan perjalanan V1MAST diawali dengan kerjasamanya bersama organisasi internasional, Save the Children dalam pembuatan lagu kampanye #RACE4Survival. Lagu yang dibuat sesuai dengan kampanye tersebut kemudian didistribusikan dan mengikuti serangkaian tur Save the Children.

Dari lagu #RACE4Survival, V1MAST lalu merilis single pertamanya, Kurikulum Hatimu. Single perdana ini cukup unik dan menarik karena dalam liriknya menyampaikan ajakan kepada anak muda untuk kembali ke sekolah dan menekan angka bolos sekolah dengan cara yang sangat fun. Siapa sangka lagu ini kemudian mengantarkan V1MAST melakukan tur di tanah Eropa. Tak hanya tur, V1MAST pun mengikuti festival dan kompetisi tingkat internasional di Eropa. Pada acara Dukat Fest 2016, Bosnia & Herzegovina, V1MAST meraih gelar Best Ensemble Perfomance 2016 yang dipilih dari 32 negara.

V1MAST, Kenalkan Musik Indonesia Melalui Genre World Music
Jumpa pers di De Leila, FX Jakarta

Satu tahun berdiri dan menjajaki tanah Eropa, kini V1MAST kembali ke tanah air dan merasa perlu lebih mengenalkan musiknya pada masyarakat di Indonesia. V1MAST pun merilis single keduanya yang berjudul Jogja Love Story.

“lagu ini sebagai hadiah untuk  masyarakat Indonesia agar selalu ingat bahwa musik tradisional Indonesia itu bisa nge-blend sama genre apapun. Kita harus bangga!” ungkap Viza.

Viza menambahkan, single  terbarunya ini menceritakan tentang kisah cinta ABG yang digambarkan melalui keindahan alam Indonesia, tepatnya Kota Jogjakarta. “single ini berhasil membuat pendengar musik Eropa jatuh cinta pada  Indonesia. Saya berharap sambutan masyarakat Indonesia bisa demikian, bahkan lebih, karena yang V1MAST bawakan ini mengandung karakter musik bangsa Indonesia.” harapnya. Dalam tur Eropanya, V1MAST juga meninggalkan angklung dan beberapa alat musik lainnya agar masyarakat internasional bisa belajar musik Indonesia.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Penulis : Ifa Ikah

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY