Ups, Salah Chat! Lakukan 4 Hal Ini Sebelum Terlambat

salah chat
Ilustrasi: Cewekbanget.co.id

Kecanggihan teknologi memang sangat membantu segala aktivitas kita, termasuk dalam berkomunikasi. Salah satunya yang paling sering kita lakukan adalah mengirim pesan atau chat melalui berbagai platform media sosial.

Tetapi pernahkah Inspirator mengalami kesalahan saat chatting? Misalkan salah mengetikkan kata, typo, dan yang paling fatal salah mengirim chat. Apalagi chat yang kita kirim ternyata bersifat rahasia.

Tenang, jangan keburu panik dan malu karena sebenarnya kita masih bisa memperbaiki kesalahan tersebut. Berikut 4 kesalahan yang paling sering terjadi dan cara menghadapinya.

  1. Salah kata karena “auto correct
salah chat
Ilustrasi: MemeCenter.com

Kesalahan kata karena sistem perbaikan ejaan atau auto correct adalah yang paling sering kita alami. Misalnya saat ingin menulis kata “hungry” malah menjadi “horny”.

Segeralah mengirim chat untuk menjelaskan kesalahan dalam pengetikan kata karena sistem auto correct. Si penerima pesan akan memaklumi kok. Untuk menghindari kesalahan ketik berikutnya, ada baiknya Inspirator membaca ulang pesan sebelum dikirim atau menonaktifkan sistem auto correct.

  1. Salah menulis nama
salah chat
Ilustrasi: Snopes.com

Jangan mengangap enteng ketika salah mengetikkan nama seseorang. Apalagi jika nama yang dimaksud adalah nama atasan, dosen, atau nama orang tua. Di beberapa kebudayaan, salah mengetikkan nama dianggap tidak sopan.

Respon kesalahan itu dengan cepat dan singkat. Segera meminta maaf atas kesalahan mengetik nama.

  1. Salah mengirim emoticon
salah chat
Ilustrasi: Grammarly.com

Keberadaan emoticon di layanan chatting memang mengasyikkan. Tak perlu panjang lebar mengungkapkan perasaan lewat kata-kata, emoticon bisa mewakilkan. Tetapi kepeleset memencet emoticon bisa bikin malu bahkan salah paham. Apalagi salah mengirim emoticon ke dosen, atasan bahkan orang tua.

Satu-satunya pilihan adalah meminta maaf dan menjelaskan jika salah memencet emoticon. Lalu bersikaplah yang wajar, seolah tidak terjadi apa-apa.

  1. Salah mengirim pesan penting dan rahasia
Ilustrasi: Salon.com

Kesalahan yang satu ini yang paling menyebalkan karena sangat berisiko pada nama baik Inspirator. Apalagi jika pesan tersebut menyangkut permasalahan orang lain, organisasi, pekerjaan dan tugas sekolah.

Solusi terbaik adalah mengirim permintaan maaf atas kecerobohan kita. Jangan lupa untuk meminta kebijaksanaan si penerima pesan untuk tidak menyebarluaskan pesan tersebut.

Agar hal-hal diatas tidak terjadi, sebaiknya Inspirator selalu mengecek kembali pesan sebelum dikirimkan. Terkesan sepele, namun kesalahan bisa saja terjadi bukan?

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Inspirator Freak

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here