Ups, Ini 5 Kebiasaan yang Dianggap Baik Tapi Ternyata Berdampak Buruk Untuk Kesehatan Tubuh!

Photo: orami.com

Inspirator pasti pernah melakukan salah satu kebiasaan yang dianggap baik tapi ternyata berdampak buruk untuk kesehatan tubuh seperti di bawah ini. Nah, kebiasaan apa saja itu?

1. Menyikat gigi setiap selesai makan

Photo: doktersehat.com

Makanan yang kita makan memang bisa tertinggal di gigi. Nah, cara untuk membersihkan sisa makanan itu adalah dengan menyikat gigi. Mungkin kamu pernah diberitahu untuk selalu menyikat gigi setiap selesai makan, bukan? Ternyata, anggapan ini keliru. Kalau setiap kali selesai makan kamu langsung menyikat gigi, ini malah bisa membuat gigi mudah rusak karena lapisan gigimu menipis. Dokter gigi menyarankan untuk menyikat gigi kurang lebih 30 menit setelah makan.

2. Tidur lebih lama

Photo: orami.com

Kebiasaan ini biasanya dilakukan saat musim liburan atau pada hari libur. Biasanya, kamu beranggapan tidur lebih lama bisa membayar “utang tidur” pada hari-hari lalu. Namun, tidur beberapa jam lebih lama daripada waktu normal tidak baik untuk kesehatan. Kalau terlalu banyak tidur, kamu akan pusing dan tubuh jadi mudah lelah. Sebaiknya, tidur dalam jumlah yang cukup saja, ya.

3. Mengabaikan makan siang

Photo: hellosehat.com

Beberapa orang sering meninggalkan makan siang dengan berbagai alasan–seperti sedang diet, masih kenyang, tidak ada waktu, dan sebagainya. Wah, jangan diteruskan ya, Inspirator! Makan siang penting untuk tubuh. Di siang hari, aktivitas fisik biasanya lebih berat dan kamu butuh energi untuk melakukan hal tersebut. Kalau kamu mengabaikan makan siang, selera makanmu akan meningkat sehingga malamnya kamu jadi “balas dendam” dengan makan secara berlebihan.

4. Olahraga berlebihan

Photo: freemalaysiatoday.com

Olahraga memang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Sayangnya, orang yang ingin menurunkan berat badan sering kali merasa perlu melakukan olahraga secara berlebihan. Yang terpenting, keringat keluar dan lemak tubuh terbakar. Eits, anggapan itu keliru! Kalau kamu terlalu sering olahraga berlebihan, bisa timbul masalah pada otot dan siklus tidurmu.

5. Menghindari sinar matahari

Photo: malangtoday.net

Sinar matahari memang bisa membuat kulitmu terasa seperti terbakar. Tetapi, jangan sampai menghindari matahari terus-menerus, ya. Tubuhmu butuh sinar matahari dalam jumlah cukup supaya tidak kekurangan vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang. Maka dari itu, selalu luangkan waktu untuk berada di bawah sinar matahari beberapa saat saja, terutama sinar matahari pagi.

Nah, lima kebiasaan yang selama ini dianggap baik ternyata tidak sepenuhnya baik untuk kesehatan tubuh. Mulai sekarang, jangan sampai salah mengira lagi ya, Inspirator!

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here