Peduli Kondisi Perpustakaan SDN Kelapa Dua III, Mahasiswa UPH Galang Gerakan ‘Mari Membaca’

Perpustakaan
Gerakan 'Mari Membaca

Pentingnya meningkatkan kebiasaan dan minat membaca anak bangsa sejak dini demi memajukan kecerdasan bangsa, disadari oleh kelompok mahasiswa yang tergabung dalam Service Learning Community (SLC) Universitas Pelita Harapan (UPH). Untuk itu SLC UPH membuat satu gerakan ‘Mari Membaca’ dengan tema ‘Kebudayaan’ yang dilakukan di SDN Kelapa Dua III yang terdiri dari 2 program yaitu program renovasi perpustakaan dan pengumpulan buku pada 26 Maret – 13 April 2018 di UPH Lippo Village untuk disumbangkan ke SDN Kelapa Dua III

Natasha Sie –  Kordinator Program Mari Membaca 2, Mahasiswa Hukum 2016 menjelaskan bahwa Gerakan ‘Mari Membaca’ ini terdiri dari beberapa fase. Untu renovasi sendiri terdiri dari 2 fase yang berlangsung pada rentang waktu 10-31 Maret 2018.

SDN Kelapa Dua III
Peresmian Renovasi Bangunan Perpustakaan SDN Kelapa Dua III

Fase pertama, tim SLC UPH melakukan renovasi awal perpustakaan dengan melakukan pengerokan tembok perpustakaan. Fase kedua dilakukan melalui kolaborasi SLC UPH dengan Himpunan Mahasiswa Program Studi Desain Komunikasi Visual (HMPS DKV) UPH untuk mengecat dan membuat desain menarik bertemakan kebudayaan Indonesia dengan tujuan untuk memperkenalkan keragaman budaya Indonesia. Setelah proses renovasi selesai, SLC UPH melakukan launching  untuk meresmikan perpustakaan sekaligus memberikan 500 buku yang sudah terkumpul dari mahasiswa UPH, pada 7 April 2018.

UPH
Perenovasian Perpustakaan SDN Kelapa Dua III Dimulai dengan pengerokkan tembok hingga pengecatan tembok bertemakan kebudayaan Indonesia, dilakukan oleh Mahasiswa UPH

“Kita sendiri memilih SDN Kelapa Dua III untuk menjadi tempat kami melayani karena sekolah ini menurut kami masih belum memiliki perpustakaan yang kurang memadai dan kami tergerak untuk terus mendorong minat anak-anak yang sudah gemar membaca. Selain itu sekolah ini memang sudah menjadi tempat training anggota SLC yang baru. Sehingga melalui program-program kami di sekolah ini, dapat terjalin hubungan yang baik,” jelas Natasha.

Kelapa Dua
Peresmian Perpustakaan SDN Kelapa Dua III Ditandai dengan Pemotongan Tumpeng dan Pita yang Dilakukan oleh Kusuma Wardhani – Manager Departemen Student Life UPH

Natasha juga menambahkan bahwa gerakan ‘Mari Membaca’ merupakan program tahunan dari Divisi SLC UPH yang dibuat sebagai respon mahasiswa UPH SLC untuk menanggapi rendahnya minat membaca anak-anak di Indonesia. Sebelum ‘Mari Membaca 2’ ini, Tim SLC UPH juga telah menyelesaikan gerakan ‘Mari Membaca 1’ pada Juli 2017, dengan melakukan renovasi perpustakaan dan melakukan penyuluhan tentang sistem pengelolaan perpustakaan kepada guru-guru SDN 1 Ranca Buaya yang difasilitasi oleh Perpustakaan Johannes Oentoro UPH.

“Kami  berharap agar apa yang telah dilakukan ini berdampak dalam peningkatan minat baca anak-anak dan juga agar sistem pengelolaan perpustakaan dapat berlanjut dan terjaga dengan baik. Kedepannya kami dari tim SLC UPH juga ingin dapat terus menggalakan gerakan ini dan juga menemukan tempat atau sekolah lain untuk menjadi tempat kami melakukan program ini,” ungkap Natasha.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

@inspiratorfreak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here