aplikasi belanja
Foto: Tumbas.in

Inovasi berbasis teknologi terus berkembang di berbagai kota di Indonesia. Salah satunya di kota yang terkenal dengan makanan khas lumpianya, Semarang. Baru-baru ini seorang pemuda Semarang merilis sebuah inovasi berbasis aplikasi bernama Tumbas.in. Aplikasi ini memudahkan masyarakat, khususnya ibu rumah tangga dalam membeli berbagai kebutuhan di pasar tradisional.

““Tumbas.in lahir berkat kesadaran sosial akan berkurangnya pasar tradisional dari tahun ke tahun,” ungkap CEO Tumbasin, Bayu seperti diberitakan Republika. Tumbas.in yang berasal dari kata bahasa Jawa ‘tumbas’ (beli) ini, kata Bayu, diharapkan dapat menjadi solusi bagi wanita karir dan ibu rumah tangga yang memiliki waktu terbatas untuk berbelanja.

Menurutnya, dengan memanfaatkan aplikasi ini, tak ada lagi kebutuhan rumah tangga yang tidak bisa dibeli dari pasar-pasar tradisional. Ia pun menambahkan, kehadiran Tumbas.in sekaligus sebagai bentuk dukungan kota Semarang sebagai smartcity.

Tumbas.in lahir dari tangan lima pemuda yang memanfaatkan kecanggihan teknologi. Karya mereka hadir pertama kali melalui Gerakan Nasional 1.000 start-up digital di Kota Semarang pada November 2016 lalu.

Foto: Tumbas.in

Tak hanya menawarkan kemudahan, kualitas barang yang dipesan melalui Tumbas.in dibeli langsung dari pasar tradisional. Barang belanjaan pun masih segar dan harga sesuai dengan harga pasar tradisional. Pemesanan dimulai dari pukul tiga pagi sampai tiga sore, diatas jam tersebut barang  akan dikirim di hari selanjutnya. Saat ini sudah ada lima pasar tradisional dan 500 pedagang di Semarang yang sudah dijangkau Tumbas.in.

Kehadiran aplikasi ini bisa membantu untuk memenuhi kebutuhan, mulai dari kebutuhan pokok, harian, mingguan hingga bulanan masyarakat di Kota Semarang. Ke depan diproyeksikan juga bisa menjangkau seluruh tanah air.

“Ke depannya akan mengenspansi wilayah Jawa Tengah, DIY dan Indonesia guna memangkas kesenjangan harga dari setiap daerah di tanah air,” ujarnya.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY