Mahasiswa UMN Tularkan Sindrom Jaga dan Lestarikan Mangrove Melalui KINDROME

UMN

Mahasiswa UMN akan melakukan konsep Corporate Social Responsibility berupa membantu guru di Madrasah Ibtidayah Da’arul Mu’Minin dalam proses kegiatan belajar mengajar dan memberi peralatan belajar mengajar kepada Madrasah Ibtidayah Da’arul Mu’Minin, serta melakukan seminar mengenai mangrove dan melakukan penanaman mangrove di wilayah pesisir laut di Kampung Garapan, Desa Tanjung Pasir, Kecamatan Teluknaga, Tangerang. Tujuan dari diadakan acara KINDROME adalah Untuk memberikan informasi dan awareness mengenai pentingnya menjaga kelestarian lingkungan, Untuk memberikan kontribusi dalam mencegah abrasi, Untuk memberikan pendidikan untuk kalangan anak-anak dalam bidang pendidikan dan orang tua serta masyarakat dalam melestarikan lingkungan.

Dalam kehidupan manusia, tentunya alam dan manusia merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Berbagai macam jenis kebutuhan manusia, tentunya bergantung dengan alam yang menyediakan kebutuhan manusia maka dari itu manusia pun juga harus bertanggungjawab untuk menjaga alam itu sendiri. Namun, tanggung jawab untuk menjaga alam agar tetap lestari ini sulit untuk direalisasikan oleh manusia sehingga hal ini menyebabkan permasalahan alam. Salah satu permasalahan alam saat ini adalah abrasi.

Abrasi adalah proses pengikisan pantai oleh tenaga gelombang laut dan arus laut yang bersifat merusak. Kerusakan garis pantai akibat abrasi ini diakibatkan oleh terganggunya keseimbangan alam daerah pantai tersebut. Abrasi sering menjadi permasalahan terutama di Indonesia yang terdiri dari pulau-pulau. Walaupun, abrasi dapat disebabkan oleh gejala alami, namun manusia sering disebut sebagai penyebab utama abrasi, seperti situasi yang terjadi di Kampung Garapan, Desa Tanjung Pasir yang termasuk wilayah desa pesisir pantai ini perlu adanya perhatian dalam menjaga muara dari laut yang ada. Salah satu cara untuk mencegah terjadinya abrasi adalah dengan Penanaman mangrove.

Oleh karena itu, sejumlah mahasiswa UMN mengadakan acara yang terkait dengan tema yaitu “A Day of Kindness” yang akan diadakan pada hari Sabtu, 20 Mei 2017 yang bertepatan dengan hari Kebangkitan Nasional, di Kampung Garapan, Desa Tanjung Pasir, Kecamatan Teluknaga, Tangerang. Kegiatan puncak yang akan dilakukan adalah kegiatan penanaman mangrove. Penanaman mangrove ini diharapkan dapat meningkatkan kelestarian lingkungan dengan menjaga lingkungan agar tercegah dari abrasi. Melalui acara ini, diharapkan agar masyarakat dapat membangkitkan semangat agar peduli pada lingkungan sekitar.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

@Inspiratorfreak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here