Halo Inspirator! Hari ini, kita memperingati Hari Bumi loh. Dengan adanya momen ini, satu hal yang patut kita jadikan renungan bersama, “Sudah seberapa jauh kita melakukan sesuatu untuk menjaga bumi kita?”. Jawab sendiri-sendiri ya, hehehe. Sudah banyak atau sedikitnya yang kita lakukan, tidak ada salahnya untuk melakukan hal-hal sederhana dibawah ini untuk menjaga keindahan bumi.  Apa sajakah itu? Check this out!

  1. Manfaatkan kertas dengan maksimal. Jika ingin memfotokopi atau memprint sesuatu, manfaatkan dua sisi kertas yang ada. Selain itu, untuk kertas bekas yang dimiliki bisa dimanfaatkan kembali untuk membuat catatan sederhana atau scrapbook yang bisa  diisi dengan gambar hasil karya Inspirator, sticker, atau pernak – pernik lain untuk memperindah scrapbook yang memanfaatkan kertas bekas yang ada. Dengan cara ini, kamu bisa membantu melestarikan lingkungan, menghemat pengeluaran, menambah kreativitas, dan juga menginspirasi orang lain, misalnya dengan mengupload hasil scrapbook tersebut ke social media.
  2. Bawalah Tas Khusus Belanjaan. Saat ini, pemerintah melakukan kebijakan “plastik berbayar”. Nah, untuk mengurangi kerusakan lingkungan akibat plastik yang notabene sulit terurai,  yuk kita dukung kebijakan “diet” plastik ini dengan membawa tas khusus berbelanja. Selain itu, jika tas khusus untuk belanja ini merupakan produk lokal, Inspirator juga bisa ikut meramaikan kampanye #KerenPakeLokal juga loh. Satu hal sederhana untuk dua tujuan mulia, menjaga bumi dan mengkampanyekan produk lokal.
  3. Kurangi penggunaan kendaraan pribadi.  Mengurangi penggunaan kendaraan pribadi, baik itu kendaraan roda dua maupun roda empat merupakan salah satu cara untuk mengurangi polusi udara. Sebagai tips, kamu bisa mencatat lokasi yang sering dikunjungi dalam seminggu dan pisahkan mana yang dapat diakses dengan berjalan kaki atau menggunakan sepeda serta lokasi yang harus ditempuh dengan menggunakan kendaraan umum. Berolahraga, menghindari stress akibat macet, dan dapat melestarikan lingkungan tampaknya satu paket keuntungan yang didapat dengan melakukan hal tersebut.  Bagi Inspirator yang menggunakan kendaraan umum, bisa memanfaatkan waktu selama perjalanan dengan membaca buku atau mengobrol dengan pengguna kendaraan umum lainnya.
  4. Gunakan  botol air minum dan rantang sendiri. Membawa botol minum dan tempat makan sendiri akan jauh lebih baik dibanding menggunakan plastik kemasan botol dan plastik pada kertas nasi atau styrofoam pembungkus makanan. Selain itu, dengan cara ini pula, Inspirator bisa menghemat pengeluaran.
  5. Barang masih bagus tapi jarang dipakai? Yuk gunakan! Memanfaatkan barang yang sudah jarang dipakai, semisal baju, bisa dimanfaatkan dengan bermodal kreativitas. Lakukan modifikasi pada baju tersebut, lalu abrakadabra! Baju yang lebih modis ini bisa dipakai kembali atau dijual dalam garage sale.
  6. Kunjungi taman. Taman? Ya, taman dapat membuat Inspirator semakin menyadari pentingnya bumi untuk kita. Oleh karena itu, kita bisa merasakan, menghirup udara dari pepohonan, mengunjungi taman dengan berjalan kaki atau bersepeda, membawa minuman atau makanan home made, quality time bersama sohib dan keluarga, membaca buku, dan mencari inspirasi baru.

Nah, itu dia hal-hal sederhana untuk menjaga bumi, dan melestarikan lingkungan. Berawal dari satu hal sederhana, mari kita buat perubahan nyata untuk bumi  kita. Happy Earth Day, Inspirator! Keep Breathing, Keep Inspiring! Penulis: Wilujeng Mugi Editor: Lydia Kusdyanti Iasya Inspirator Freak Twitter: @InspiratorFreak Facebook : facebook.com/InspiratorFreak

LINE : @inspiratorfreak (menggunakan @)

LEAVE A REPLY