Trik Mengelola Keuangan Untuk Karyawan Supaya Gaji Nggak Numpang Lewat

Sumber: infoperbankan.com

Keahlian untuk mengelola keuangan harus dimiliki oleh tiap orang, tak terkecuali kamu yang berkarier sebagai karyawan dan memiliki gaji rutin. Sebesar apapun gaji, kalau tidak dikelola dengan baik tetap saja akan terasa kurang. Kalau sampai saat ini kamu masih merasa gajimu kurang, mungkin ada yang salah dengan cara mengelola uangnya.

Biar gajimu tidak habis begitu saja, coba pelajari cara efektif mengelola keuangan ala karyawan yang ada di dalam buku berjudul All Your Worth: The Ultimate Lifetime Money Plan karya Elizabeth Warren. Warren menjabarkan sistem pembagian 50:30:20 merupakan cara efektif mengelola keuangan.

Sistem ini mudah diterapkan, lho, Inspirator.

Sebagai contoh, anggaplah pendapatan bersihmu adalah 3 juta perbulan. Yuk, kita coba mengelola keuangan dengan sistem 50:30:20.

1. 50% untuk kebutuhan wajib

Setelah terima gaji, segera sisihkan 50% untuk kebutuhan pokok seperti transportasi harian, membeli makan, pulsa, bayar tagihan, dan sebagainya. Karena sifatnya wajib, jadi harus didahulukan sebelum melakukan pengeluaran lain.

2. 30% untuk pengeluaran tambahan

Artinya, kamu punya 900.000 untuk berjaga-jaga apabila ada kebutuhan tambahan, misalnya untuk makan bersama keluarga, membeli hadiah untuk adik, dan sebagainya. Pastikan pengeluaran tambahan ini tidak menganggu keuangan dikebutuhan wajibmu. Namun, kalau ternyata uang untuk kebutuhan wajib masih kurang, kamu bisa menggunakan uang dari pos ini.

Sumber: cermati.com

Asiknya, kalau kamu mau sedikit mengecangkan ikat pinggang untuk kebutuhuan foya-foya, uang di pos ini bisa dipakai menabung untuk membeli barang yang kamu inginkan!

3. 20% untuk investasi atau tabungan

Pos terakhir ini tidak kalah penting. Biasakan untuk rutin menyisihkan uang untuk menabung atau investasi. Kelak, kamu akan merasakan manfaat dari dana ini. Baca juga: Calling Millenials: Ada Investasi Murah yang Digaransi Tidak Rugi, Nih. Mau?

Nah, mudah sekali kan, Inspirator? Pembagian 50:30:20 bisa kamu gunakan untuk membantu mengelola keuangan sebagai karyawan. Meski punya gaji rutin, kamu juga harus bijak mengelola uang. Selain itu, kunci sukses mengelola keuangan adalah disiplin!

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here