Tri Rismaharini: Jadikan Sampah Plastik Bernilai Melalui Suroboyo Bus

Sumber: instagram @suroboyobus

Surabaya bersukacita memiliki sosok tegas dan peduli rakyat kecil seperti Ibu Tri Rismaharini, Walikota wanita pertama di Surabaya. Selama dua periode masa jabatannya, berbagai penghargaan telah dituai wanita kelahiran Kediri, 20 November 1961 ini, di antaranya pada 2015 dinobatkan sebagai walikota terpuji di dunia urutan ketiga versi World Mayor, penghargaan sebagai pemimpin inspiratif versi GovInsider pada 2017, dan Surabaya mendapatkan penghargaan Sustainable City and Human Settlements Award (SCAHSA) untuk kategori Global Green City dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada 2017. Baca juga 3 Wanita Paling Dikagumi di Indonesia.

Sumber: instagram @kabari.id

Di bawah kepemimpinannya, Surabaya semakin berbenah dari segi pendidikan, ekonomi, sosial, dan transportasi. Beliau ingin Surabaya menjadi kota ramah huni yang mendukung mobilitas warga sekaligus membentuk masyarakat cinta lingkungan.

Ajak warga tukarkan sampah plastik

Gerakan cinta lingkungan ini dimulai dengan mengajak warga untuk peduli dengan sampah plastik yang sering dianggap sepele. Maka dari itu, pemerintah Kota Surabaya menghadirkan Suroboyo Bus, bus baru kebanggaan warga Surabaya, yang diresmikan pada 7 April 2018 lalu dan beroperasi mulai pukul 06.00-22.00 wib. Uniknya, warga yang ingin naik bus tersebut harus menukarkan sampah plastik agar bisa mendapatkan satu tiket perjalanan yang berlaku selama dua jam sejak penerimaan tiket. Cukup menyetorkan 10 gelas plastik mineral, 5 botol plastik ukuran tanggung, atau 3 botol plastik ukuran besar yang dapat disetorkan melalui Bank Sampah, Halte, dan terminal Purabaya.

Sumber: tripzilla.id

Suroboyo Bus didesain seramah mungkin untuk pejalan kaki dan difabel. Dengan lebar 2,4 meter dan panjang 12 meter, tinggi pintu dibuat sejajar pedestrian sehingga tidak menyulitkan keluar-masuk. Petugas bus pun siap membantu penumpang apabila mengalami kesulitan. Untuk menjamin keamanan, bus ini dilengkapi dengan CCTV dan area khusus perempuan, sehingga dapat mengurangi hal-hal yang tidak diinginkan.

Suroboyo Bus untuk meningkatkan kepedulian terhadap sampah plastik

Sumber: instagram @suroboyobus

Belum sebulan kehadiran Suroboyo Bus, tapi sudah banyak dampak yang dirasakan warga. Dengan bangga dan antusias, mereka mengabadikan pengalaman naik Suroboyo Bus di media sosial. Selain itu, untuk meningkatkan minat anak muda dalam memilih transportasi umum dan peduli dengan sampah plastik, Suroboyo Bus mengadakan lomba vlog juga, lho! Kamu bisa cek infonya di instagram @suroboyobus.

Ibu Risma memang sosok yang penuh gagasan, semangat, dan solusi. Beliau membuktikan bahwa perempuan bisa mendorong perubahan dan tidak boleh dianggap remeh.

Inspirator juga bisa jadi sosok yang menginspirasi seperti Ibu Risma meskipun di usia yang masih muda, seperti Maria Simorangkir.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here