Tren Makanan Berbahan Dasar Arang, Unik dan Eksentrik!

Foto: Sportourism.id

Tahu arang? Iya, arang bekas pembakaran. Biasanya nih, arang digunakan untuk membakar makanan seperti sate, ayam bakar dll. Bahkan di beberapa negara di Afrika, sebagian besar masyarakatnya menggunkaan arang sebagai alat memasak setiap hari. Di jaman yang lebih jauh lagi, arang digunakan sebagai bahan bakar kendaraan bermotor dan untuk menyetrika baju.

Kali ini berbeda nih, Inspirator! Pas banget dengan tren makanan yang lagi hits, para kreator makanan mengkreasikan arang menjadi bahan dasar makanan bertema gotik. Tetapi sehatkah mengonsumsi arang? Menurut Hellosehat.com, arang aktif akan mengikat racun atau zat kimia seperti merkuri dan pestisida dalam tubuh.

Sebenarnya, menggunakan arang dalam makanan bukan hal baru di Indonesia. Sebelumnya sudah dikenal kopi arang dari kota Jogja, jauh sebelum tren charcoal mendunia seperti sekarang. Selain kopi, apa sajakah makanan yang kena “demam” tren ini? Lansung aja simak di bawah ini.

  1. Roti tawar takesumi shokupan

Foto: Hamizan989.com

Bagi Inspirator yang suka sarapan dengan roti tawar putih atau gandum, pasti bakal aneh dengan kreasi roti tawar yang satu ini. Tetapi jangan keburu skeptis karena roti tawar yang dibuat menggunakan campuran arang bambu ini bikin sehat.

  1. Pempek kapal selam hitam

Foto: Pegipegi.com

Makanan berikutnya yang kena “demam” charcoal adalah pempek. Makanan khas Palembang ini berwarna hitam gotik, berbeda dengan warna putih yang biasanya. Warna hitamnya didapatkan dari campuran charcoal ke dalam adonannya.

  1. Bakpia

Foto: Spesialresep.com

Siapa yang tak kenal oleh-oleh primadona kota Jogja ini? Bakpia. Menggunakan arang bambu, sang kreator mengkreasikan bakpia menjadi tampilan baru dan gotik. Kalau Inspirator ingin mencoba berkreasi juga, bisa cek resepnya disini.

  1. Mie yamin arang

Foto: Says.com

Jangan bilang Inspirator gak tertarik ketika melihat mie yamin berwarna hitam ini. Meski tampilannya gotik dan tak biasa, mie yamin dari Bandung ini menjadi salah menu andalan dan paling di cari.

  1. Es krim Black Almond Charcoal

Foto: Boredpanda.com

Lupakan es krim dengan warna-warna cerah yang memikat mata dan rasa. Es krim yang satu ini hadir dan menggebrak warna-warna es krim selama ini itu-itu saja. Tapi tenang, meski bertema gotik, es krim kreasi dari toko Little Damage, Los Angeles ini jauh dari kesan seram dan menawarkan cita rasa yang almond yang gurih.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here