Perhatikan 8 Tips Ini Jika Kamu Ingin Traveling Sendirian!

Salut Marseille!

Jika kamu gemar bertualang, pasti di pikiranmu pernah tebersit keinginan untuk traveling sendirian. Kamu berasumsi jika bepergian sendiri akan membuatmu lebih bebas dan dapat menikmati setiap momennya karena tidak direcoki orang lain. Kamu bisa berlama-lama duduk di pinggir pantai dan menatap gelombang air laut yang bergerak mendekat, merasakan semilir angin di sore hari, dan bermain pasir tanpa memedulikan waktu. Berbeda jika kamu pergi dengan teman, ketika setiap orang memiliki ketertarikan pada hal-hal berbeda, sehingga belum tentu kamu bisa menghabiskan waktu di suatu tempat sesuai keinginanmu. Tetapi sebenarnya, apa saja yang harus diperhatikan orang ketika ingin traveling sendirian?

  1. Riset

    Gambar terkait
    Foto: https://www.dreamstime.com/

    Seperti kegiatan-kegiatan lainnya, penting untukmu melakukan riset dan mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya sebelum memulai perjalanan. Ketahui harga tiket, lokasi penginapan, transportasi yang tersedia, lokasi wisata di sekitarnya, sampai detil waktu perjalanan. Hal ini bisa kamu lakukan dengan berselancar di internet, bertanya pada orang yang pernah berkunjung ke tempat yang ingin kamu datangi, bisa juga dengan membaca blog atau buku tentang perjalanan orang lain ketika berkunjung ke destinasi pilihanmu.

  2. Buatlah anggaran keuangan

    Hasil gambar untuk money plan travel
    Foto: https://www.skyscanner.net/

    Setelah melakukan riset, tentunya kamu akan memiliki informasi mengenai biaya perjalananmu. Harga tiket, biaya masuk ke lokasi wisata, biaya makan dan menginap, uang transportasi, dan sebagainya sudah bisa kamu perkirakan sehingga kamu bisa menyiapkan uang yang diperlukan. Itinerary atau rencana rute perjalanan akan memudahkanmu mengetahui berapa pengeluaran setiap harinya.

  3. Light packing

    Gambar terkait
    Foto: http://www.houseofharper.com/

    Jangan membawa terlalu banyak barang karena biasanya hanya akan membuat tasmu berat. Bawalah barang-barang yang penting saja, seperti beberapa pakaian dan obat-obatan. Dengan bawaan yang ringan, kamu lebih mudah untuk berpindah ke satu tempat ke tempat lain. Jangan lupa sesuaikan barang bawaanmu dengan kondisi alam dan kultur masyarakat di tempat yang akan kamu kunjungi, ya!

  4. Coba hal-hal baru, kunjungi tempat-tempat baru, dan bertemu dengan orang-orang baru

    Hasil gambar untuk try something new
    Foto: https://www.theodysseyonline.com/

    Dengan menemukan hal-hal baru, kamu mengembangkan kepribadianmu. Kamu akan memiliki pengetahuan lebih luas dan bisa jadi kamu menemukan rekan travelling yang cocok saat perjalanan. Pengalaman Inspirator pun akan semakin luas.

  5. Pisahkan uang tunai dengan kartu-kartu penting

    Hasil gambar untuk separate money
    Foto: https://www.elitedaily.com/

    Ketika traveling, biasakan untuk memisahkan uang tunai ke beberapa tempat. Alasannya, misalkan dompet kamu hilang, Maka kamu masih memiliki uang cadangan, juga supaya orang lain tidak bisa melihat total uang yang dibawa. Kartu-kartu penting juga sebaiknya dipisahkan karena jika dompet hilang, kamu tidak perlu mengurus surat-surat lagi. Kamu bisa menyimpan kartu-kartumu di card holder atau di penyimpanan tersendiri.

  6. Catat nomor-nomor penting

    Hasil gambar untuk phone call
    Foto: https://www.wikihow.com/

    Nomor telepon tempat menginap, kantor polisi, rumah sakit, juga orang-orang terdekat dari kota asalmu juga perlu kamu simpan. Hal ini untuk berjaga-jaga atau mengantisipasi jika ada hal buruk menimpamu. Selama perjalanan jangan lupa mengabari orang-orang terdekat mengenai kondisimu dan perjalananmu.

  7. Dokumentasikan perjalanan

    Hasil gambar untuk travel alone
    Foto: https://classpass.com/

    Tidak ada salahnya kamu mengambil banyak foto dan swafoto sebagai bentuk dokumentasi. Selain sebagai kenang-kenangan untukmu, siapa tahu orang lain (keluarga, teman) ingin melihat foto-foto pengalamanmu.

  8. Selalu berhati-hati

    Hasil gambar untuk be careful travel
    Foto: https://quotefancy.com/

    Selama perjalanan, kamu melatih kemandirian dirimu dan belajar untuk lebih mengenal diri sendiri. Apa pun yang kamu lakukan, tetap berhati-hati karena kamu belum tentu familier dengan tempat yang kamu kunjungi. Jangan terlihat seperti orang kebingungan di perjalanan, percaya diri, dan jaga dirimu sendiri.

Baca juga : barang yang tidak boleh kamu bawa ke Disneyland

Selamat mencoba dan semoga perjalananmu lancar, Inspirator!

Keep Breathing, Keep Inspiring

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here