Tokopedia, Mimpi Indah yang Jadi Nyata

Sumber : www.magazine.job-like.com

Siapa tidak kenal Tokopedia? Tokopedia adalah satu dari sekian banyak perusahaan rintisan (startup) yang sedang berada di puncak keemasannya.

Sumber : www.techinasia.com

Sejarah singkat Tokopedia

PT Tokopedia didirikan William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison pada 6 Februari 2009 dan resmi diluncurkan ke publik pada 17 Agustus 2009. Ide mendirikan perusahaan terbit karena saat itu marak kasus penipuan berbelanja produk secara online. Pendirinya ingin mengubah pandangan usaha di dunia maya yang penuh dengan penipuan menjadi kegiatan yang harus dikembangkan, dan didukung kecanggihan teknologi yang tersedia. Selain itu, adanya keinginan dari pendiri untuk membantu masyarakat yang membutuhkan pekerjaan demi bisa membiayai kehidupannya menjadi alasan yang kuat mereka berdua untuk menciptakan lapangan pekerjaan yang baru.

Dalam perjalanan merintis usahanya, tidak jarang dua pendiri Tokopedia diremehkan orang-orang di sekitar mereka. Ditambah lagi, tidak adanya keterampilan dalam berbisnis dan tidak ada modal yang cukup membuat perkembangan usaha mereka tidak menentu arahnya.

Sumber : www.google.co.id

Usaha mereka akhirnya membuahkan hasil

Seiring berjalannya waktu, penolakan yang diterima PT Tokopedia berganti menjadi ketertarikan masyarakat pada perusahaan ini. Hal ini dibuktikan dengan investor baik lokal maupun asing yang mulai berdatangan untuk memberikan suntikan dana kepada PT Tokopedia, salah satunya East Ventures, yang selalu menyalurkan dana tambahan bagi PT Tokopedia sejak tahun 2010. Konsumen yang berbelanja online di Tokopedia merasa puas karena keamanan yang terjamin dalam pembelian produk, keramahan penjual dalam melayani pelanggan, dan kualitas barang yang sesuai dengan gambar yang diperlihatkan kepada konsumen.

Sejak didirikan, Tokopedia berhasil menjadi Mall Online yang sukses membantu UKM kecil dalam mengembangkan usahanya dan layak dijadikan panutan untuk setiap usaha yang merintis jalan panjang untuk mencapai kesuksesan.

Baca juga lika-liku perjalanan William Tanuwijaya membangun dan membesarkan Tokopedia.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here