Ilustrasi

Halo Inspirator! Siapa yang tidak kenal dengan Susi Pudjiastuti?….. Sosoknya menjadi fenomena sejak beliau terpilih sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia. Banyak yang terkagum-kagum akan kiprahnya sebelum menjadi menteri. Wanita kelahiran 15 Januari 1965 (51 tahun) di Pangandaran ini adalah seorang pengusaha perikanan sekaligus pemilik Susi Air, sebuah armada layanan penerbangan di jalur-jalur perintis. Berikut beberapa kiprahnya yang menginspirasi kita serta dapat mengajarkan kita arti kegigihan dalam hidup:

1. Awalnya hanya pedagang kecil sampai jadi eksportir ikan dan punya puluhan pesawat

Susi Pudjiastuti, owner of PT ASI Pujiastuti Aviation (Susi Air) also Indonesia's new Marine and Fishery Affairs Minister.
Ilustrasi | Sumber : blog.ahmadzamroni.com
Pada tahun 1983, Susi Pudjiastuti mengumpulkan modal sebesar Rp 750.000 untuk menjadi pengepul ikan di Pangandaran. Bisnisnya semakin berkembang hingga pada tahun 1996 beliau mendirikan pabrik pengolahan ikan yang bernama PT Asi Pudjiastuti Marine Product. Bisnisnya pun berkembang hingga menjangkau pasar Asia dan Amerika. Pada Tahun 2004, Susi memutuskan membeli sebuah pesawat Cessna Caravan seharga Rp 20 miliar menggunakan pinjaman bank. Pesawat tersebut digunakan untuk mengangkut lobster dan ikan segar di berbagai pantai Indonesia ke Jakarta dan Jepang. Perusahaan penerbangan ini semakin berkembang hingga mengoperasikan 50 pesawat terbang beragam jenis.

2. Susi Air adalah Pesawat Misi Kemanusiaan Pertama yang Mendarat di Aceh Pasca Gempa dan Tsunami

Ilustrasi | Sumber: http://riskmanagement.co.id
Ilustrasi | Sumber : riskmanagement.co.id
Dua hari setelah gempa tektonik dan tsunami melanda Aceh dan pantai barat Sumatera pada 26 Desember 2004, Cessna Caravan Susi Air adalah pesawat pertama yang berhasil mencapai lokasi bencana untuk mendistribusikan bantuan kepada para korban yang berada di daerah terisolasi.

3. Putus sekolah, bukan hambatan untuk meraih sukses

Menteri-Kelautan-dan-Perikanan-Susi-Pudjiastuti-Usai-Menemui-Presiden-Membahas-Impor-Garam-di-Istana-Merdeka-e1442413969855
Ilustrasi | Sumber : vibizmedia.com
Hal yang menarik dari Susi Pudjiastuti adalah beliau hanya memiliki ijazah SMP. Setamat SMP, beliau sempat melanjutkan pendidikan ke SMA. Namun, beliau berhenti sekolah saat kelas II SMA karena keputusannya memilih untuk terjun kedua bisnis. Keputusannya bukan tanpa alasan atau bukan berarti malas untuk belajar, justru dengan berhenti sekolah beliau punya banyak waktu untuk belajar. So, untuk menjadi orang sukses, bekal pendidikan formal bukan satu-satunya faktor penentu. Kegigihan serta kerja keraslah yang membuat kesuksesan menjadi nyata.

4. Menteri wanita pertama yang berani menenggelamkan puluhan kapal asing ilegal

55564b8c0423bd2a198b4568 (1)
Ilustrasi | Sumber : regional.kompas.com
Keberanian Susi Pudjiastuti dalam menenggelamkan kapal pelaku illegal fishing patut diacungi jempol. Penenggelaman kapal pencuri ikan yang dilakukannya bukan hanya sebatas aksi, tetapi juga untuk menjaga ketersediaan pasokan ikan untuk masa depan. Wah luar biasa yaa! 🙂

5. Berkat kegigihannya, banyak penghargaan yang beliau raih

IMG_20151206_011306
Ilustrasi | Sumber : kkp.go.id
Kesuksesan Susi membangun kerajaan bisnis mendapat pengakuan dari berbagai kalangan. Setidaknya hal tersebut dapat dilihat dari sederet penghargaan yang diraihnya, seperti Pelopor Wisata dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Barat, Young Entrepreneur of the Year dari Ernst and Young Indonesia, Primaniyarta Award for Best Small & Medium Enterprise Exporter dari Presiden Republik Indonesia, Inspiring Woman Award for Economics dari Metro TV, Ganesa Wdiya Jasa Adiutama dari Institut Teknologi Bandung. Demikian teladan dan hal Inspratif yang kita bisa pelajari dari Susi Pudjiastuti, Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia. Poin-poin yang disampaikan di atas mengajarkan kita untuk terus berusaha dan pantang menyerah dalam meraih keberhasilan. Apapun latar belakangmu dan apapun pendidikan terakhirmu, kamu berhak untuk sukses! Semangat ya dan sebar semangatmu! 🙂   Keep Breathing Keep Inspiring! Penulis : Ani Hardiyani Editor   : Andreas Maydian Puspito Inspirator Freak Twitter: @InspiratorFreak Facebook : facebook.com/InspiratorFreak Instagram : @inspiratorfreak web : www.inspiratorfreak.com LINE : @inspiratorfreak (menggunakan @)  

LEAVE A REPLY