go green

 

Ngerasa ga sih kalau akhir-akhir ini bumi jadi tambah panas? Cuaca ga nentu? Kalau kata orang kebanyakan itu efek dari pemanasan global atau kerennya disebut global warming. Suatu hal yang terjadi karena ulah manusia yang hidup berlebihan. Yap manusia hidup berlebihan dan terlalu egois hingga akhirnya merusak keseimbangan alam. Padahal kalau manusia mau hidup sederhana dan hidup bersinergi dengan alam, pemanasan global itu ga akan terjadi.

Hidup sederhana itu ga sulit kok, sederhana banget. Ya iya lah ya namanya aja hidup sederhana. Berikut ini adalah beberapa contoh hidup sederhana yang bisa kamu lakuin dalam kehidupanmu sehari-hari:

 

1. Mengurangi pemakaian kertas.

Manfaatkan flashdisk atau harddisk untuk nyimpen data, jadi ga perlu banyak buang kertas mencetak yang ga penting. Kalaupun terpaksa kudu nyetak data, gunakan kertas bekas atau cetak bolak-balik. Lebih irit kan?!

 

2. Matikan lampu di siang hari

Nyalain lampu di siang hari? Buat apa? Lampu kan masih kalah terang dan kalah terik dari sinar matahari.

 

3. Hindari pemakaian AC yang berlebihan.

Nyalain AC pas lagu ngumpul dalam ruangan aja atau pas tidur. Selain itu, AC bisa dimatikan. Cara ini gak cuma bagus buat lingkuang tapi juga bikin hemat biaya tagihan listrik. Bisa juga kita ganti pake kipas bambu kayak abang tukang sate. Hehe bisa ngencengin otot tangan juga tuh. Sekaligus latian siapa tau mau bikin warung makan sate

 

4. Diet kantong plastik

Ga cuma makanan aja yang diet, tapi penggunaan kantong plastik juga kudu diet. Caranya, bawa kantong belanja sendiri. Di rumah jadi gak numpuk kantong plastik. Soalnya kantong plastik butuh waktu lama buat terurai di tanah. Kasihan kan tanahnya.

 

5. Naik sepeda

Bosen sama macet? Jenuh sama udara penuh polusi? Naik sepeda aja. Murah, mudah, bebas polusi. Bikin sehat lagi.

 

Nah mudah kan untuk hidup sederhana? Biarpun sederhana tapi itu semua punya dampak besar lho buat bumi kita. Jadi ayo kita mulai hidup sederhana hidup GO GREEN! Nah kalau kalian belum baca artikel Hari Menanam Pohon, kalian musti baca dulu artikelnya disini.

 

Kontributor : Muhammad Kasyfunnur

Editor : Christmastuti Destriyani

 

Keep Breathing, Keep Inspiring!

@InspiratorFreak

SHARE
Previous articleHymne Guru, Lagu Penghormatan Untuk Bapak Ibu Guru
Next article#VideoInspiratif – Nyanyian Keren Anak Buta Baca Teks Pakai Huruf Braille
Passionate banget untuk sharing hal-hal positif ke anak muda Indonesia dan saat ini sedang berjuang untuk membesarkan InspiratorFreak.com. Jadi mentor juga di Young on Top Campus Ambassador

LEAVE A REPLY