photo source: www.youthincmag.com

Traveling saat liburan menjadi saat yang ditunggu-tunggu, apalagi bepergian bareng teman-teman, karena membuat setiap perjalanan semakin mengasyikkan. Menjejakkan kaki di kota atau daerah baru yang menakjubkan bersama teman terdekat akan selalu menjadi pengalaman tidak tergantikan. Meskipun terdengar seru dan asyik, sebenarnya traveling bareng teman memiliki tantangan tersendiri, lho. Dengan traveling bareng teman pada dasarnya kita terlibat suatu “hubungan”, baik selama perencanaan, perjalanan, setelah tiba di destinasi, hingga pulang.

Inspirator harus ingat, setiap individu pasti memiliki ide dan keinginan berbeda–mulai dari rencana keberangkatan hingga pulang ke rumah, segala sesuatunya harus dikomunikasikan dengan baik. Jangan sampai karena mendulukan ego masing-masing, liburan kita menjadi berantakan.

Nah, supaya kegiatan traveling Inspirator bersama teman-teman berjalan lancar, yuk simak 5 tips berikut!

1. Diskusikan “goals” traveling-mu

photo source: actionhealth.com.au

Meskipun terdengar sepele, penting untuk mendiskusikan apa tujuan traveling. Perlu diingat, meskipun kita sudah merasa akrab dengan teman-teman, setiap orang memiliki gaya traveling berbeda.

Memiliki destinasi wisata yang sama juga bukan berarti segala sesuatunya selaras selama perjalanan nanti. Jadi, sebelum merencakan lebih jauh lagi, ada baiknya diskusikan dulu apa “goals” atau tujuan traveling kalian.

2. Siapkan budget

photo source: manchesterairport.co.uk

Uang bisa menjadi hal sensitif saat traveling bersama teman. Jika tidak dipikirkan dengan baik, persoalan ini bisa menjadi penyebab ,munculnya argumen saat traveling, lho. Sebelum kita menyusun rencana traveling lebih lanjut, pastikan kita sudah menetapkan anggaran masing-masing yang siap untuk kita gunakan saat bepergian nanti.

Diskusikan kira-kira berapa uang yang akan dikeluarkan untuk akomodasi, makan, dan transportasi. Alangkah baiknya jika beberapa bulan sebelum berangkat kita saling mengingatkan untuk menabung bersama.

3. Susun rencana, tapi siap dengan spontanitas

photo source: deervalleyranch.com

Jauh-jauh hari sebelum traveling kita perlu banget menyusun jadwal untuk perjalanan nanti. Mulai dari tempat wisata yang akan dikunjungi, lokasi penginapan, dan berapa lama menginap, serta kegiatan apa yang ingin dilakukan di sana.

Tetapi, kita tidak perlu terlalu terpaku pada jadwal karena saat perjalanan nanti bisa saja terjadi hal-hal di luar perkiraan. Jika ternyata tempat wisata yang kita rencanakan tidak sesuai ekspektasi, carilah lokasi lain, atau siapkan alternatif dulu. Jika ada pelancong memberikan saran tentang suatu tempat wisata, boleh juga dicoba. Jadi, terorganisasi itu baik, tapi kita juga harus siap dengan spontanitas.

 4. Berkomunikasi dengan baik

photo source: servingjoy.com

Terbuka dan jujur satu sama lain merupakan bagian penting dalam traveling bareng teman. Ketika kita menghabiskan waktu bersama teman, seakrab apa pun kita dengan mereka, pasti ada saat ketika kita berselisih pendapat.

Jika terlibat suatu permasalahan, tentu kita akan merasa lebih baik jika mengungkapkan isi hati kita. Tetapi, jangan sampai terlalu menuruti emosi sehingga akhirnya malah salah paham dan timbul argumen yang lebih besar. Berkomunikasilah dengan tenang dan tetap menghargai pendapat satu sama lain supaya traveling kita berjalan lancar dan tetap seru.

5. Berbagi tanggung jawab

photo source: shutterstock.com

Dalam traveling, banyak hal harus disiapkan, mulai dari jadwal transportasi hingga pembagian biaya penginapan dan makan. Supaya persiapannya tertata dengan baik, alangkah bagus jika kita berbagi tugas. Ketika traveling bersama teman, kita bisa saling mengusulkan atau mengajukan diri siapa yang pandai membaca peta, berbicara bahasa lokal, mengatur keuangan, dan lainnya.

Berbagi tanggung jawab seperti itu tidak akan menambah beban kita, kok. Dengan mengemban tugas masing-masing juga mencegah adanya satu orang yang kewalahan dengan semua tanggung jawab saat traveling nanti. Tetapi, kita juga harus tetap saling mengingatkan dan jangan bersikap tidak mau tahu dengan tugas teman kita. Bagaimana pun, kegiatan traveling itu nantinya kita jalani bersama, bukan sendiri-sendiri.

Nah, itu dia lima tips traveling bareng teman dari Inspirator Freak. Nah, kamu sudah siap bertualang dengan teman-teman? Semoga perjalananmu menyenangkan dan menginspirasi ya, Inspirator!

Baca juga : 5 Destinasi Pegunungan yang Wajib Kamu Kunjungi

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY