Tips Raih Beasiswa Kuliah Di Luar Negeri Meskipun Skor TOEFL Rendah

Kuliah di luar negeri menjadi impian sebagian orang, apalagi kalau kamu bisa berkuliah di sana dengan beasiswa. Ada sederet persyaratan yang harus kamu penuhi ketika kamu ingin mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri. Salah satunya, skor TOEFL tertentu. Banyak calon pelamar beasiswa kuliah ke luar negeri semangatnya langsung ciut ketika mendengar persyaratan ini. Ada yang semakin termotivasi untuk meningkatkan skor TOEFL-nya, ada juga yang langsung mundur teratur.

Menurut Inspirasolution, ada cara supaya kamu bisa mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri walaupun skor TOEFL-mu rendah.

1. Tingkatkan kemampuan

TOEFL Rendah
Photo: Pixabay

Meskipun skor TOEFL-mu rendah, kamu tetap kok mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri. Syaratnya, kamu harus meningkatkan kemampuanmu yang tidak dimiliki orang lain. Bapak Yohanes Surya, meskipun memiliki skor TOEFL tidak begitu baik, bisa berkuliah di College of William and St. Mary, Amerika Serikat. Bapak Yohanes bisa lolos asuk universitas itu karena dia memiliki kemampuan di bidang fisika.

2. Pilih negara yang tidak mensyaratkan skor TOEFL tinggi

TOEFL Rendah
Photo: Pixabay

Cara kedua, kamu memilih negara yang bahasa pengantarnya saat kuliah tidak menggunakan bahasa Inggris. Hanya, itu berarti kamu harus mengikuti persiapan belajar bahasa setempat sebelum masa perkuliahan dimulai.

3. Harus pintar memilih jurusan

TOEFL Rendah
Photo: Pixabay

Kamu sudah tahu kelemahanmu adalah skor TOEFL kamu rendah. Oleh karena itu, kamu harus pintar memilih jurusan. Biasanya jurusan eksakta dan sains tidak perlu memiliki skor TOEFL yang tinggi.

Itulah tiga cara yang bisa kamu pertimbangkan jika kamu ingin mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri meskipun skor TOEFL-mu rendah. Atau kamu lebih yakin bisa berkuliah di universitas dan jurusan favoritmu dengan mengambil beasiswa di dalam negeri saja? Coba cari tahu lembaga atau perusahaan apa saja yang menawarkan beasiswa di sini.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here