Tips Mencukupi Kebutuhan Air Minum Selama Berpuasa

https://listaka.com/water-fasting-and-10-things-you-should-know-about-it/
Foto: https://listaka.com/

Ketika berpuasa, banyak rutinitas yang berubah, termasuk dalam memenuhi kebutuhan tubuh akan mineral. Jika biasanya Inspirator minum air mineral saat haus, sesudah makan, atau ketika selesai berolahraga saja, selama puasa kamu harus lebih memperhatikan asupan mineralmu. Ini karena kamu hanya bisa mengonsumsi air ketika sahur dan berbuka puasa. Berikut beberapa tips untuk mencukupi kebutuhan air minum selama berpuasa.

Ketahui jumlah kebutuhan mineral tubuhmu

Image result for drink water
Foto: https://www.rd.com/

Kebutuhan minum air setiap orang berbeda-beda. Cara menghitungnya: kalikan nominal 0,024 dengan berat badanmu. Jika kamu sudah terbiasa minum air putih delapan gelas per hari, jangan sampai konsumsi airmu selama berpuasa berkurang. Bagilah waktu untuk minum air. Misalnya, ketika sahur kamu minum dua gelas, saat berbuka empat gelas, dan sebelum tidur dua gelas. Atau dengan kombinasi berbeda. Dengan begitu, tubuhmu tetap sehat dan bugar selama menjalani puasa. Kamu pun bisa terhindar dari dehidrasi.

Jangan hanya minum minuman manis

Image result for drink sweet
Foto: https://www.7up.com/

Ingat, dahulukan minum air putih setiap harinya ya, bukan air yang berwarna atau berasa. Ketika berbuka puasa, jangan terlalu banyak menikmati makanan dan minuman manis, apalagi mengonsumsinya sampai perutmu terasa penuh. Perutmu juga membutuhkan ruang untuk air mineral yang penting untuk menjaga keseimbangan tubuh.

Jangan minum dengan volume terlalu banyak sekaligus

Related image
Foto: https://www.popular-world.com/

Walaupun kamu harus mengonsumsi cukup air selama berpuasa, jangan paksakan dirimu untuk minum air terlalu banyak, apalagi dalam rentang waktu singkat. Bisa-bisa perutmu jadi buncit dan kamu merasa mual. Entah minum air terlalu sedikit atau terlalu banyak, keduanya bukan cara mengonsumsi air mineral yang tepat, Inspirator. Sebaiknya minum dengan jumlah yang cukup dan berikan waktu bagi ginjal kamu untuk memprosesnya.

Nah, itu tiga tips mencukupi kebutuhan air minum yang bisa kamu terapkan selama bulan Ramadan ini. Semoga puasamu berjalan lancar dengan kamu tetap mengonsumsi air mineral dalam jumlah cukup ya, Inspirator.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here