5 Tips Menabung Untuk Traveling, Tidak Susah Kok!

Menabung untuk traveling merupakan sesuatu yang cukup menantang, terlebih jika kita merencanakan destinasi impian yang butuh biaya tidak sedikit. Saat melihat traveler berbagi pengalaman traveling mereka, mungkin di kepalamu tebersit pikiran bahwa mereka sangat beruntung karena sanggup membiayai petualangan seru di tempat menakjubkan.

Singkirkan pikiran itu, karena salah satu kunci bisa traveling dengan sukses adalah mengawalinya dengan menabung. Ya, jangan pusing dulu masalah biaya. InspiratorFreak punya lima tips menabung untuk traveling untuk kalian, caranya tidak susah.

1. Tentukan destinasi

destinasi travelling
photo source: https://byrslf.co

Tips menabung untuk traveling yang pertama adalah menentukan destinasi. Tulis daftar destinasi yang ingin kamu jelajahi, lalu cari satu per satu informasi mengenainya sehingga kamu tahu perkiraan biaya yang perlu disiapkan.

2. Membuat anggaran

menabung
photo source: https://www.selflender.com/

Setelah tahu perkiraan biaya yang diperlukan, mulailah membuat anggaran. Catat semua pengeluaranmu sekecil apa pun itu, sehingga dalam waktu satu atau dua bulan kita bisa mendapatkan gambaran ke mana uang kita dihabiskan.

Dengan membiasakan membuat anggaran akan membuat kita lebih disiplin dalam hal keuangan. Selain itu juga dapat mempermudah kita mengubah kebiasaan supaya menggunakan uang dengan lebih bijak.

3. Berjualan preloved

photo source: http://zeenews.india.com

Kamu punya pakaian yang tidak kamu kenakan lagi, tapi masih layak pakai? Atau punya barang-barang yang tidak lagi kamu gunakan, tapi kondisinya masih bagus atau masih berfungsi?

Kamu bisa coba menjualnya sebagai “preloved items”, lho! Jika usahamu berhasil, cara ini dapat meningkatkan tabunganmu secara drastis, Inspirator.

4. Tulis daftar keperluan saat belanja

photo source: http://www.womanmagazine.co.uk

Sebelum pergi berbelanja, pastikan kamu menulis apa yang butuh kamu beli. Coba tanyakan ke diri sendiri apakah kamu benar-benar membutuhkan barang itu.

Dengan begitu, kamu akan berpatokan pada daftar tersebut dan tidak membeli barang yang tidak penting, jadi tabunganmu semakin cepat bertambah.

5. Membawa bekal ke tempat kerja atau kampus

bekal
photo source: http://magazine.vitality.co.uk

Makan siang di kantin atau cafe favoritmu bersama teman-teman memang yang menyenangkan. Tetapi, mulai sekarang coba berhemat dengan membawa bekal dari rumah.

Mulailah dari hal kecil seperti membawa minum dari rumah sehingga tidak perlu mrmbeli air mineral. Uang untuk membeli air mineral yang berkisar Rp4.000 per botol bisa kamu tabung; percayalah, itu akan sangat membantu tabunganmu bertambah jika kamu konsisten menjalankannya.

Selain mempersiapkan tubuhmu supaya lebih sehat untuk traveling nanti, kamu pun jadi terbiasa hidup hemat dan disiplin, Inspirator!

Nah, itu dia lima tips menabung untuk traveling. Bagaimana? Tidak susah, bukan? Coba terapkan pelan-pelan, semoga travelingmu kelak menyenangkan.

Kamu sudah punya sedikit tabungan dan mengincar liburan berbiaya hemat? Jika kamu warga Jawa Barat, ada lima objek wisata yang tidak bikin dompetmu sekarat.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here