photo source: shutterstock.com

Bisnis kuliner menjadi salah satu bisnis yang banyak dilirik beberapa tahun belakangan ini. Segmentasi pasar yang luas membuat pebisnis tertantang untuk menjalani usaha kuliner. Apalagi dengan kemunculan berbagai variasi makanan “kekinian”.

Industri kuliner yang semakin berkembang membuat bisnis kuliner menjadi usaha dengan peluang jangka panjang. Tetapi, kita harus pintar menghadapi tantangan untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan mengikuti tren dunia kuliner.

Bagi Inspirator yang tertarik, atau sedang memulai bisnis di industri kuliner, yuk simak lima tips bisnis kuliner berikut.

1. Lakukan Riset

photo source : simplyecho.net

Industri kuliner sangat kompetitif, sehingga penting bagi kita untuk melakukan riset sebelum memulainya. Cobalah untuk mencari tahu faktor-faktor apa yang mempengaruhi minat konsumen pada satu restoran atau kuliner tertentu.

Bergabung di suatu forum komunitas online bisa membantu kita untuk mengetahui kebutuhan pasar dan pendapat konsumen mengenai industri kuliner. Selain itu, dengan berjamurnya bisnis kuliner yang saat ini kita bisa melakukan riset kecil-kecilan untuk mengamati faktor-faktor apa yang memengaruhi sedikit atau banyaknya konsumen.

Riset dapat membantu kita menentukan target pasar, peluang, dan mengidentifikasi faktor risiko dalam menjalani bisnis kuliner. Dengan meneliti hal-hal tersebut, kita bisa mempelajarinya dan membangun bisnis kuliner yang lebih baik.

2. Temukan Konsep Unik

photo source : artikel.rumah123.com

Konsep unik di bisnis kuliner akan menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen. Setelah melakukan riset dan memperhatikan tren yang sedang berkembang pelan-pelan kita pasti bisa menemukan konsep yang cocok untuk diterapkan dalam bisnis kuliner kita.

Meskipun begitu, Inspirator harus tetap ingat, konsep terbaik adalah konsep yang orisinal, sehingga kelihatan unik dan menarik. Tren konsep yang marak diterapkan bisnis kuliner saat ini adalah menggunakan nama restoran yang kocan dan dekorasi Instagrammable, yang pada akhirnya membuat konsumen penasaran untuk berkunjung.

3. Bereksperimen dengan menu

photo source: playbuzz.com

Berkembangnya industri kuliner secara tidak langsung juga meningkatkan ekspektasi konsumen pada jenis makanan atau minuman yang lebih bervariasi. Untuk memikat selera konsumen, kita perlu melakukan eksperimen untuk menemukan resep jitu.

Kita boleh saja mengamati produk kuliner yang sudah ada sebagai referensi atau ide dasar, tapi jangan sampai kita menjiplak konsep menu yang sudah ada ya, Inspirator. Kita harus mencoba berinovasi dengan menu kuliner kita.

Selain untuk meningkatkan kualitas, hal itu juga dapat menarik minat konsumen jika kita mampu menemukan menu yang menarik dan worth to try. Jika kita menemukan menu yang sesuai dengan selera pasar, tidak menutup kemungkinan kita bisa mengangkat menu andalan kita nantinya. Kuncinya, jangan takut mencoba!

4. Harga dan rasa yang pas

photo source: underconsideration.com

Untuk memulai atau menjalankan bisnis kita juga harus menempatkan diri sebagai konsumen. Ini diperlukan supaya kita dapat memahami apa yang konsumen inginkan dari pelayanan dan produk kuliner yang kita tawarkan.

Harga yang terjangkau bisa dikatakan merupakan salah satu hal utama yang konsumen pikirkan. Tetapi, jangan salah, harga dan rasa yang ditawarkan pun harus sepadan.

Sebagai wirausaha kita tidak bisa asal meninggikan harga demi meraup keuntungan tinggi karena kita harus menyesuaikan dengan peningkatan kualitas produk dan pelayanan. Meskipun begitu, jangan sampai kita mengalami kerugian ya, Inspirator!

5. Strategi promosi

photo source: dynamicbusiness.com.au

Jangan lupa menyiapkan strategi promosi dan pemasaran untuk bisnis kita. Di era milenium ini, media sosial menjadi platform yang kuat untuk melakukan promosi produk.

Mulailah aktif mengelola media sosial khusus untuk usaha kuliner kita. Selain itu, kita juga layak menggunakan cara promosi konvensional seperti menyebarkan brosur dan pamflet.

Seiring itu semua, berikanlah pelayanan terbaik pada konsumen karena dengan begitu mereka akan mempromosikan usaha kuliner kita pada orang lain. Pelayanan dan produk yang baik akan membuat orang merekomendasikan usaha kita ke jaringan yang lebih luas.

Nah, apakah lima tips sukses bisnis kuliner tersebut sudah kamu terapkan, Inspirator? Atau kamu baru akan mencobanya? Semoga bisnis kulinermu sukses ya, Inspirator!

Baca juga : Tips membangun startup

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY