Tips Berkunjung ke Perpustakaan Nasional Versi InspiratorFreak

Untuk Inspirator yang ingin mengisi akhir pekan dengan menambah wawasan, salah satu destinasi favorit di Jakarta ini pasti kamu suka. Sudah tahu belum, kalau ada perpustakaan dengan 24 lantai yang punya konsep unik di Jakarta? Yup! Namanya Perpustakaan Nasional. Tempat ini cocok dijadikan tujuan untuk mengisi waktu sambil menambah wawasan. Banyak fasilitas menarik yang bisa kamu nikmati, lho.

Wah, jadi tidak sabar ya, ingin ke Perpustakaan Nasional? Eits! Sebelum ke sana, sebaiknya kamu perhatikan dulu tips berkunjung ke Perpustakaan Nasional dari InspiratorFreak. Mari disimak!

Sebaiknya naik Transjakarta

Foto: Dokumentasi pribadi/Walvenardo

Lokasi ini sangat mudah dijangkau dengan naik transportasi umum Transjakarta dan turun di halte Balai Kota. Setelah itu, kamu hanya perlu menyeberang untuk sampai ke Perpustakaan Nasional.

Membuat kartu keanggotaan

Foto: Dokumentasi pribadi/Walvenardo

Tidak lengkap rasanya kalau kamu berkunjung ke Perpustakaan Nasional, tapi tidak memanfaatkan peluang untuk menjadi anggota perpustakaan. Selain gratis, pembuatannya pun mudah. Kamu bisa daftar via online atau langsung saja datang ke lantai dua dengan menyiapkan identitas diri yang sah. Perlu diingat, pembuatan kartu keanggotaan hanya untuk 200 orang per hari, lho.

Sebelum ke lantai dua, kamu wajib menitipkan tas di loker yang terletak di lantai satu. Uniknya, kamu akan dipinjamkan semacam goodie bag untuk membawa barang-barang pribadi seperti laptop, dompet, ponsel, dan sebagainya.

Apakah ada buku khusus untuk penyandang disabilitas? Ada!

Perpustakaan Nasional sangat ramah difabel, lho. Terletak di lantai tujuh, ada beberapa buku yang sudah diterjemahkan ke kode braille. Jadi, kalau Inspirator mengajak teman difabel ke perpustakaan ini, dia juga bisa ikutan membaca.

Bingung mencari buku incaran? Manfaatkan OPAC!

Salah satu pencarian buku di opac.pnri.go.id

Apa itu OPAC? OPAC, atau Online Public Access Catalog, adalah katalog online yang akan memudahkanmu mencari buku incaran atau melihat buku apa saja yang ada di perpustakaan melalui url opac.pnri.go.id. Di lantai 2, 21, dan 22 disediakan komputer khusus OPAC. Yang bikin kagum, kamu bisa mencetak hasil pencarianmu sehingga tidak perlu membawa pensil dan kertas untuk mencatat kode.

Tersedia banyak tempat nyaman

Foto: Dokumentasi pribadi/Walvenardo

Aktivitas membaca pasti semakin asyik karena banyak tempat duduk yang nyaman. Interiornya dijamin bikin kamu betah, Inspirator.

Sebaiknya datang pada hari kerja

Foto: Dokumentasi pribadi/Walvenardo

Jika Inspirator punya waktu luang pada hari kerja, gunakan kesempatan itu untuk berkunjung ke sana. Biasanya pada hari itu, pengunjung Perpustakaan Nasional tidak terlalu ramai.

Jangan lupa kunjungi pojok sejarah

Foto: Dokumentasi pribadi/Walvenardo

Jika kamu sudah puas membaca buku, sempatkan untuk melihat pojok sejarah terkait Perpustakaan Nasional yang ada di lantai satu. Siap-siap kagum dan bangga ya, karena Indonesia punya salah satu perpustakaan tertinggi di dunia.

Itulah beverapa tips berkunjung ke Perpustakaan Nasional Jakarta. Cek juga tambahan foto Perpustakaan Nasional berikut ini untuk menuntaskan rasa penasaranmu.

Nah, selamat menikmati salah satu perpustakaan tertinggi di dunia ya, Inspirator!

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here