Tips Berguna untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri

kepercyaan diri
Ilustrasi: Tinybuddha.com

Selamat pagi Inspirator!

Kita pasti pernah mengalami rasa ketidakpercayaan terhadap diri sendiri. Seringkali, merasa bahwa diri kita bukanlah versi terbaik yang ada. Padahal ketidakpercayaan diri ini dapat menghambat proses berkembang diri kita sebagai individual. Nah, bagaimana sih cara menyikapi rasa ini dan menjadi yakin dalam diri kita? Yuk simak ulasan Inspirator Freak dibawah ini.

Buat daftar tentang bakat dan keunggulanmu

kepercyaan diri
ilustrasi: Humanresourcesiq.com

Kita sering berkonsentrasi pada hal-hal yang kita anggap buruk maupun kurang dalam diri kita. Dengan membuat daftar ini, kita dapat melihat segala sesuatu yang tadinya kita lewatkan dan menyadari berbagai macam potensi yang kita miliki. Boleh juga kita menambahkan hobi atau hal yang kita minati, karena kita dapat melakukan hal tersebut dalam waktu luang kita untuk membantu menanamkan mindset positif dalam kepala kita.

Punya keahlian? Keep practicing!

kepercyaan diri
Ilustrasi: Productiveflourishing.com

Pasti ada satu atau lebih aktivitas yang dapat kita laksanakan dengan baik, seperti menggambar, olahraga, pelajaran Matematika, dsb. Terus asah keahlian dalam aktivitas itu dengan berlatih secara konstan. Dengan begitu, kita dapat memiliki rasa bangga terhadap keahlian tersebut dan menjadi lebih percaya diri. Jangan takut untuk terus mencoba. Kegagalan di jalan justru merupakan bagian dari proses pendewasaan diri.

Cari feedback dari orang yang kalian kenal

kepercyaan diri
Ilustrasi: Cmalearning.com.au

Perhatian kita terhadap diri sendiri terkadang pupus karena terbenamkan oleh hal-hal yang kita anggap lebih penting. Cobalah bertanya kepada keluarga atau teman dekat tentang pendapat mereka mengenai diri kita, seperti sifat yang diiliki yang patut diteladani atau tanggapan mereka tentang bakat dalam bidang tertentu. Kita akan mengetahui apa saja kekurangan dan kelebihan kita dari sudut pandang mereka. Kita dapat menganalisis opini tersebut dan menjadikannya sesuatu yang dapat membuat kita introspeksi diri dan memperbaiki aspek-aspek yang kita anggap kurang.

Kenali diri sendiri

kepercyaan diri
Ilustrasi: Trendingus.com

Ketidakpercayaan diri tak hanya melibatkan bakat atau keahlian kita, tapi bisa juga tentang keadaan mental, emosional, dan fisik kita. Jangan ragu-ragu untuk meluangkan waktu untuk berpikir tentang diri sendiri dan melakukan introspeksi. Cari tahulah apa yang membuat kita merasa minder dan jangan takut untuk mengakui fakta tersebut. Memang sulit untuk menyatakan bahwa ada suatu hal dalam diri kita yang membuat kita merasa incompetent, tetapi janganlah kehilangan harapan. Telusurilah sumber ketidakpercayaan kita sehingga kita dapat mengubahnya menjadi sesuatu yang kita terima dan kita banggakan.

Nah Inspirator, itulah beberapa cara untuk meningkatkan kepercayaan diri kita. Memang sulit sekali untuk menjadi orang yang percaya diri, jadi ingat terus bahwa segala sesuatu adalah proses dan tidak terjadi dalam sekejap mata. Teruslah berusaha untuk menjadi versi terbaik dari diri sendiri, dan jangan takut apabila ada waktu di mana kalian merasa gagal. Pasti hari esok membawa suatu pikiran dan harapan baru. Have faith and courage, Inspirator! (II)

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here