Mau Memulai Bisnis? Ini 9 Tips Bangun Usaha dari Nol bagi Anak Muda

Saat ini, untuk terjun ke dunia bisnis tidak lagi memandang usia karena semua orang bisa mencoba dan saling bersaing. Dari tua hingga muda, semuanya berada di pertandingan yang sama. Kalau kamu sendiri, apakah kamu pernah bermimpi memiliki bisnis?

Jika jawabanmu sama dengan saya, yang sebagai pemula ingin berkecimpung di dunia bisnis, biasanya masalah utama yang ditemui adalah bagaimana cara memulainya. Tenang, kali ini InspiratorFreak akan membantumu menemukan jawabannya dan semoga artikel ini bisa memberi kamu wawasan ya, Inspirator! Berikut langkah-langkah yang bisa kamu coba terapkan.

1. Cari dan lakukan hal yang kamu suka, dan mau belajar

Ilustrasi: www.washingtonpost.com

Kamu akan menemukan jika kamu mengenal diri sendiri dengan baik. Misalnya, jika kamu pecinta kopi—yang bukan sekadar mengikuti tren dan serius ingin menggeluti segala hal yang berkaitan dengan kopi—kamu bisa mengikuti pelatihan sebagai barista. Dari sana, kamu akan memiliki bekal untuk menjalani bisnismu.

Kamu harus tahu dulu apa minatmu, harus paham bidang tersebut seperti apa, dan merancang bisnis yang ingin kamu jalani. Setelah itu, kamu pun siap untuk mendirikan coffee shop! Dengan menyukai hal yang kamu geluti, kamu takkan mudah bosan, justru selalu merasa tertantang untuk menemukan hal-hal baru dalam pekerjaanmu.

Kamu juga bisa menambah wawasanmu dengan belajar dari orang-orang yang lebih berpengalaman darimu dan ikuti komunitas-komunitas pebisnis kopi sehingga kamu bisa memetik pelajaran dari mereka. Jika menghadapi masalah, kamu perlu mencatat dan mempelajarinya kembali supaya ke depannya masalah yang sama tidak terulang atau setidaknya bisa diatasi dengan lebih baik.

2. Jadilah kreatif

Pattern Drawing
Workshop -Seamless Pattern Drawing

Kreatif tidak selalu berarti berpikir out of the box, tetapi bisa juga berpikir untuk menyelesaikan masalah. Misalnya, untuk mengatasi sifat orang Indonesia yang semakin malas membaca buku, sediakan buku bacaan di coffee shop yang kamu buka. Ini karena biasanya orang bisa menghabiskan waktu berjam-jam di coffee shop.

3. Cari mitra bisnis yang sesuai

Dengan memiliki mitra, kamu memiliki teman untuk berbagi suka dan duka dalam menjalankan bisnis, lebih mudah dalam mengumpulkan modal, dan ada kerja sama tim. Relasi bisnismu akan bertambah luas pula.

4. Bermimpi, membuat rencana, dan ambil peluang bisnis

Ilustrasi: Mind42.com

Kamu harus mulai menuliskan dengan rinci dan menggambarkan apa saja hal yang ingin kamu capai dari bisnismu dari waktu ke waktu. Perencanaan akan membantumu mengetahui peluang bisnis mana yang perlu kamu ambil ke depannya.

5. Pisahkan uang pribadi dengan uang dari usaha

Jangan mengambil risiko dengan menginvestasikan seluruh hartamu untuk bisnis. Ini merupakan bentuk kecerdasan dan berhati-hati apabila usahamu tidak berjalan lancar yang mungkin saja membunuh masa depanmu. Walaupun usahamu masih berskala kecil, perhitungkan dengan baik modal yang kamu butuhkan dan pisahkan uang pribadi dengan uang dari usaha.

6. Manfaatkan dunia maya

Foto: https://mediaindia.eu/

Di era yang semuanya serba mobile dan daring, penting bagi pebisnis untuk terjun ke bidang e-commerce, karena tanpa berpromosi di dunia maya, suatu usaha lebih rentan untuk mati. Konsep desain media sosial bisnismu juga perlu diperhatikan. Dengan konsep unik dan konsisten, orang akan lebih tertarik untuk mengeklik dan mencari tahu lebih lanjut mengenai bisnismu.

7. Berani

Banyak saya temukan orang-orang di sekitar saya yang malu untuk memberitahukan bisnis yang dimilikinya. Padahal, penting bagi orang lain untuk tahu bisnismu. Mereka dapat membantumu memperluas audience dan konsumenmu.

8. Berpikir, berkata, dan berperilaku positif

Ilustrasi: www.upi.com

Untuk menjadi pebisnis sukses, tiga hal ini penting untuk kamu perhatikan. Dengan mindset positif, kamu akan tergerak untuk melakukan kegiatan sepenuh hati dan dengan ikhlas. Nantinya, ini yang akan memengaruhi gaya dan cara bicara maupun perilakumu sehingga mitra dan pelangganmu akan merasa nyaman dan setia dengan bisnis yang kamu miliki.

9Dan yang terpenting: lakukan yang terbaik, fokus, dan berdoa

Semoga tips-tips di atas dapat membantumu dalam memulai usaha, Inspirator!

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here