Kereta Commuter Line (KRL) saat ini menjadi pilihan transportasi yang praktis dan biayanya terjangkau. Masyarakat dari berbagai kalangan pasti tidak asing lagi dengan transportasi umum satu ini. Tetapi, kita harus tetap berhati-hati setiap kali bepergian naik transportasi umum.

Sejumlah kasus yang mengganggu kenyamanan, bahkan mengancam keamanan, penumpang kereta pernah terjadi, mulai dari pencopetan hingga pelecehan seksual. Tentu saja kita tidak ingin kejadian merugikan itu terjadi pada kita. Karena itu, InspiratorFreak membagikan lima tips aman naik Kereta Commuter Line untuk Inspirator yang mengandalkan KRL untuk bepergian.

1. Selalu waspada

photo source: https://abcnews.go.com

Selalu ingat untuk bersikap waspada ya, Inspirator! Perhatikan penumpang di sekeliling kita, paling tidak di sebelah kanan dan kiri kita. Usahakan untuk tidak tertidur atau lengah, terutama jika gerbong kereta terbilang padat, misalnya pada jam sibuk atau hari libur umum.

2. Perhatikan barang bawaan kita

photo source: https://www.trenotomotif.com

Pencopetan di gerbong kereta bukan kejadian mengejutkan lagi, bahkan ada penumpang tidak bertanggung jawab yang sengaja mengambil tas orang lain di rak penyimpanan.

Untuk mencegah kejadian seperti itu, pastikan tas bawaan kita tidak lepas dari pandangan kita. Jika membawa ransel, cangklongkan ransel kamu di depan tubuh. Jika kita ingin meletakkan tas atau barang lain di rak penyimpanan, usahakan untuk duduk atau berdiri di dekat tas kita.

Ingat ya, Inspirator, segera ambil tas atau barangmu dari rak jika sudah mendekati stasiun tujuanmu.

3. Jangan takut menegur penumpang tidak sopan

photo source: https://www.riaria.com

Jika ada penumpang bersikap tidak baik atau tidak sopan padamu, jangan takut untuk menegurnya! Terutama jika dia melakukan sesuatu yang mengancam keamanan dan kenyamanan kita.

Masalah “menegur” ini juga berlaku bagi perempuan yang naik di gerbong khusus wanita. Jika melihat ada laki-laki di gerbong khusus wanita kita perlu menegurnya demi kenyamanan dan peraturan yang berlaku. Untuk kasus seperti ini, tegur dia baik-baik ya, Inspirator! Karena mungkin saja penumpang laki-laki itu tidak tahu dia naik gerbong khusus wanita.

4. Jangan panik, lapor petugas kereta

photo source: https://www.health.harvard.edu

Tips aman naik Kereta Commuter Line selanjutnya adalah jangan panik, lapor ke petugas. Masalahnya, petugas kereta tidak terdapat di setiap gerbong.

Jika kita merasa tidak nyaman tentang sesuatu, kita bisa mencari tempat duduk atau berdiri di dekat petugas kereta itu. Jangan sungkan untuk melapor pada petugas kereta jika kita merasa dalam bahaya.

5. Ada gerak-gerik mencurigakan? Pindah!

photo source: https://robertadhiksp.net

Kalau ada penumpang yang gerak-geriknya terlihat mencurigakan atau melakukan tindakan yang membuat kita tidak nyaman, jangan berdiam diri. Segera pindah ke gerbong lain atau bertukar tempat dengan penumpang lain jika kereta dalam keadaan padat. Kita juga bisa menjelaskan pada penumpang lain itu bahwa kita merasa tidak nyaman dengan perilaku seseorang.

Nah, itu lima tips aman naik Kereta Commuter Line dari InspiratorFreak. Bukan berarti KRL transportasi yang tidak nyaman ya, tapi waspada dan berhati-hati di setiap kesempatan adalah keharusan, demi keselamatan kita juga.

Jangan lupa ajak teman-temanmu membaca tips ini. Semoga bermanfaat ya, Inspirator!

Keep Breathing, Keep Insspiring!

 

LEAVE A REPLY