Tim Paduan Suara Asal Surabaya Borong 7 Penghargaan Internasional Di Italia

Tim Livo (Foto: Jawapos.com)

Setelah kabar membanggakan datang dari penyanyi cilik, Lyodra Ginting yang berhasil menjuarai Sanremo International Festival di Italia, kini giliran tim paduan suara asal Surabaya membawa harum nama Indonesia di Italia.

Tim paduan suara yang terdiri dari puluhan siswa SMAN 15, Surabaya yang tergabung dalam Libels Voice (Livo) itu baru saja menyabet tujuh penghargaan di dua kompetisi paduan suara berskala internasional. Yakni, 4th Queen Adriatic Sea Choral Festival 2017 pada 4–6 Mei di Cattolica, Italia. Ada juga 1st Lorenzo De’Meidici International Choral Competition 2017 pada 9–11 Mei di Florence, Italia.

”Bersyukur, kami bisa mendapat banyak penghargaan di sana. Ini merupakan kado terbaik,” terang Ketua Livo Shafira Putri Kusumaningayu, dikutip dari Jawapos.com.

Perjuangan untuk bisa memborong tujuh penghargaan tersebut merupakan kerja keras seluruh tim. Livo mempersiapkan latihan untuk perlombaan tersebut sejak akhir November 2016. Mulai dari berlatih vokal, nada, hingga koreografi. Tak hanya melatih vokal dan materi, seluruh tim juga dituntut mengubah pola hidup agar suara tetap prima. Terutama pola makan yang sangat mempengaruhi kualitas suara.

Meski telah menjalani berbagai persiapan, saat berada di Italia, tim Livo sempat menjumpai beberapa kendala. Salah satunya mengenai suhu di negeri menara pisa tersebut cukup rendah. Kondisi tersebut membuat suara tim sedikit terganggu. Kendala lain yang sempat membuat tim sedikit down menjelang kompetisi dimulai adalah ketika tim pesaing dari Rusia melakukan psywar dengan tim lain.

”Jujur mendengar suara mereka, kami sempat down. Khawatir tak bisa memberikan penampilan lebih dari mereka,” tutur salah satu tim Livo. Untungnya rasa minder tersebut tidak berlangsung lama. Sang pelatih, Achmad Yarziq Mubarak, segera membakar semangat mereka sehingga kepercayaan diri mereka kembali.

Alhasil, tim Livo mendapatkan nilai tertinggi dalam babak grand prix. Yakni, 97,52. Skor itulah yang kemudian membawa Livo dinobatkan sebagai Grand Champion of 4th Queen Adriatic Sea Choral Festival 2017. Di dua kompetisi itu, Livo menyanyikan 15 judul lagu. Empat di antara 15 lagu itu berasal dari Indonesia diantaranya Ugo-Ugo, Soleram, Dendang Alam Khatulistiwa, dan Janger.

Sementara itu, Kepala SMAN 15 Khairil Anwar memberikan apresiasi kepada seluruh tim Livo yang sudah bekerja keras dalam mengikuti kompetisi internasional tersebut. Khairil berharap, ke depan prestasi Livo terus berkembang dan berkesinambungan. Tidak hanya tahun ini. Tahun berikutnya harus lebih baik. Dan, kuncinya adalah regenerasi. Dengan begitu, kualitas dan prestasi itu enggak mandek.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here