Sumber: http://aroundtheworldtravels.co.uk/

Berbicara tentang kuliner, memang serasa tidak ada habisnya. Memang, makanan adalah kebutuhan primer setiap manusia. Mengenai rasa, sensasi memanjakan lidah dan mengenyangkan perut, merupakan hal yang erat dengan dunia mencicipi makanan. Kali ini, sebuah postingan tentang makanan dari negera tetangga, Laos, wajib untuk Inspirator coba.

  1. Laap atau Larb

Laap atau Larb - Salah satu makanan Laos
Laap atau Larb – Salah satu makanan Laos
Laap (atau disebut juga dengan Larb) merupakan salah satu makanan Laos yang terdiri dari salad dengan daging giling (ayam atau ikan) dan dicampurkan dengan jeruk nipis, saus yang terbuat dari fermentasi ikan (fish sauce), ketumbar, daun bawang, daun mint, serta dengan potongan cabe rawit. Kadang, Laap juga disajikan dengan tambahan irisan terong atau timun yang atau daun selada atau daun sawi. Laap biasanya dimakan dengan nasi biasa atau nasi ketan dan juga dengan sup ikan atau sup daging.

  1. Tam Mak Houng atau Salad Pepaya

Tam Maak Hoong - salah satu makanan Laos
Tam Maak Hoong – salah satu makanan Laos
Tam Mak Hoong atau salad pepaya merupakan hidangan yang terdiri dari campuran pepaya hijau, tetesan jeruk nipis, saus dari fermentasi ikan (fish sauce), garam, cabai, dan gula aren. Makanan ini juga ditambahkan dengan beberapa bahan tambahan seperti terasi, bawang putih, kepiting yang dikeringkan, kacang dan bahan tambahan lainnya. Makanan Laos ini umumnya dimakan bersama dengan nasi ketan dan daging panggang.

  1. Or Lam

Or Lam - Salah satu makanan Laos
Or Lam – Salah satu makanan Laos
Makanan yang dmasak dengan cara direbus ini berasal dari Luang Prabang. Makanan ini merupakan makanan yang terdiri dari banyak sayur – sayuran seperti kacang, terong, serai, kemangi, cabai, jamur, ketumbar, daun bawang, Sa Khan (salah satu bahan makanan khas Laos) dan terkadang juga disajikan dengan daging (umumnya daging kerbau). Hmm…yummy! Ayo, tunggu apalagi? Siap untuk berburu makanan Laos untuk pengalaman dan pengetahuan baru di dunia kuliner? Let’s eat! Keep Breathing, Keep Inspiring! Penulis : Wilujeng Mugi Editor   : Lydia Kusdyanti Iasya Inspirator Freak Twitter: @InspiratorFreak Facebook : facebook.com/InspiratorFreak

LINE : @inspiratorfreak (menggunakan @)

 

LEAVE A REPLY