Ternyata Mudah, Ini Beberapa Kebiasaan yang Bisa Membuatmu Lebih Cerdas

Menjadi cerdas adalah impian semua orang. Dan jangan khawatir, siapa pun bisa menjadi pribadi cerdas. Kalau kamu mengira cerdas itu karena faktor genetis alias keturunan, kamu salah besar. Kecerdasan yang dimiliki seseorang ternyata dapat dilatih dengan rutin melakukan kebiasaan yang bisa membuatmu lebih cerdas.

Kebiasaan-kebiasaan baik yang kamu lakukan ini nantinya akan berdampak pada kualitas hidupmu. Contohnya, kalau kamu terbiasa tepat waktu kamu akan lebih menghargai waktu orang lain dengan datang tidak terlambat. Oleh karena itu, mulailah kebiasaan yang bisa membuatmu cerdas.

Nah, ingin tahu kebiasaan yang bisa membuatmu lebih cerdas? Ini dia!

1. Membaca

Kebiasaan yang membuat cerdas
Sumber: nyunyu.com

Memang tidak dimungkiri, Inspirator, kebiasaan membaca dapat membuat kamu lebih cerdas karena wawasanmu pasti bertambah. Kalau selama ini kamu belum terbiasa membaca, kamu bisa memulainya dari bacaan yang kamu sukai, bahkan komik sekalipun. Yuk, biasakan membaca mulai sekarang.

2. Mengajarkan ilmu yang kamu punya

Kebiasaan yang membuat kamu cerdas
Sumber: Giphy

Inspirator, setelah kamu membaca sesuatu pasti kamu mendapatkan ilmu baru. Maka dari itu, bangun kebiasaan untuk menyampaikan apa yang kamu baca ke orang lain. Ini dapat melatih ingatanmu sehingga tidak mudah lupa dengan ilmu yang kamu dapatkan.

3. Menulis

Kebiasaan yang membuat cerdas
Sumber: Giphy

Kalau kamu tidak terlalu suka menghabiskan waktu dengan mengobrol, kamu bisa mengasah kecerdasan dengan cara lain seperti menulis. Yup! Ketika menulis, kamu akan berlatih untuk kembali mengingat apa yang sudah kamu pelajari. Ini juga dapat mengasah kecerdasanmu.

4. Olahraga

Kebiasaan yang bikin cerdas
Sumber: Giphy

Kalau selama ini kamu malas berolahraga, mungkin sekarang kamu jadi berubah pikiran. Tahukah kamu, ternyata berolahraga dapat meningkatkan kecerdasanmu, lho. Jenis-jenis olahraga tertentu seperti yoga atau joging dapat melatih konsentrasi dan mengurai stres.

Nah, coba saja terapkan beberapa kebiasaan mudah ini, Inspirator, supaya kamu semakin cerdas.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here