Ternyata Begini Lho, Asal-Usul Hari Buku Nasional Diperingati Tiap 17 Mei

Photo: victorronald.blogspot.com

Setiap 23 April, ada peringatan Hari Buku Sedunia yang dirayakan masyarakat dunia. Indonesia juga punya hari peringatannya sendiri. Hari Buku Nasional yang dirayakan bangsa Indonesia jatuh pada tanggal 17 Mei.

Kenapa diperingati setiap tanggal 17 Mei, ya? Nah, begini sejarahnya.

Ide dari Menteri Pendidikan

Awalnya, penentuan tanggal 17 Mei ini merupakan ide dari Menteri Pendidikan yang tujuannya untuk meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia. Ide itu dicetuskan pada 2002 oleh Abdul Malik Fajar, Menteri Pendidikan dari Kabinet Gotong Royong Bersama. Sebetulnya, Hari Buku Nasional ini ditetapkan bukan semata karena ingin mengikuti Hari Buku Sedunia, lho.

Ide itu dilatarbelakangi fakta bahwa minat baca di Indonesia pada saat itu masih sangat rendah dibandingkan dengan Tiongkok. Minat baca masyarakat Indonesia rata-rata hanya 18.000 judul buku per tahun, sedangkan minat baca masyarakat Tiongkok rata-rata 140.000 judul buku per tahun. Maka dari itu, Menteri Pendidikan ingin Indonesia memiliki Hari Buku Nasional untuk meningkatkan minat baca masyarakat.

Bertepatan dengan pendirian Perpusnas

Selain itu, 17 Mei juga bertepatan dengan peringatan pendirian gedung Perpustakaan Nasional Republik Indonesia atau Perpusnas. Perpusnas didirikan pada 17 Mei 1980 di Jakarta. Saat ini, Perpusnas ditetapkan sebagai perpustakaan tertinggi di dunia karena memiliki 27 lantai. Ada dari Inspirator yang sudah pernah berkunjung ke sana?

Dengan adanya peringatan Hari Buku Nasional, diharapkan masyarakat Indonesia jadi lebih suka membaca sekaligus punya kepedulian terhadap minat baca. Selain itu, Hari Buku Nasional diharapkan bisa meningkatkan penjualan buku. Karena jika permintaan masyarakat terhadap buku meningkat, penjualan buku pun meningkat.

Itu sejarahnya mengapa Hari Buku Nasional diperingati setiap tanggal 17 Mei. Tunggu apalagi, Inspirator? Yuk, mulai baca buku. Kamu bisa merayakan Hari Buku Nasional dengan beberapa pilihan untuk mendapatkan buku yang sesuai minatmu.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here