Terinspirasi Dari Spanyol, Banyuwangi Gelar Festival Seniman Cilik

banyuwangi
Foto: Banyuawangi.merdeka.com

Spanyol, negara yang kaya akan sejarah ini memang dikenal sebagai salah satu negara yang paling banyak menggelar festival. Seniman-seniman Spanyol menjadikan festival sebagai salah satu cara mempertahankan dan mengenalkan budaya Spanyol ke seluruh dunia.

Terinspirasi dari hal itu, Pemerintah Banyuwangi menghadirkan festival yang didekasikan bagi pelajar SD hingga SMP di Banyuwangi, Jawa Timur, dalam kegiatan Aksi Potensi Seni. Kegiatan ini diselenggarakan setiap malam di Halaman Rumah kreatif. Setiap malam minimal dua seniman cilik akan tampil di panggung untuk membawakan kesenian lokal khas masing-masing daerah.

“Banyuwangi ini luas wilayahnya membentang dari utara hingga selatan dengan keanekaragaman budaya masyarakat dari Suku Osing, Madura hingga Jawa Mataraman,” ujar Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, MY Bramuda, seperti dikutip dari Merdeka.com (21/2).

Keberagaman budaya inilah yang membuat Banyuwangi memiliki beragam kesenian daerah. Bahkan Banyuwangi kini dikenal sebagai kota festival karena semangat masyarakat Banyuwangi untuk mengangkat potensi dan budaya daerah melalui rangkaian kegiatan seperti Festival. Baik yang bersifat seni, budaya, fesyen, dan wisata olahraga.

Menurut Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, ia sengaja menghadirkan Festival Pentas Seni Budaya sepanjang tahun. Sebagai bentuk dukungan pemerintah daerah dalam membangun pendidikan.

“Kita selalu menyebutkan anak muda sebagai penerus bangsa, namun bisa dihitung hanya berapa persen yang benar-benar memberikan wadah bagi mereka untuk tampil sebagai bekal di masa mendatang,” ujarnya.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here