Terapkan 4 Tips Ini untuk Menjadi Pembeli Cerdas!

Belanja termasuk hal paling membahagiakan bagi sebagian orang, terutama wanita. Biasanya orang cenderung berbelanja sesuai keinginan mereka, bukan kebutuhan. Jika kamu termasuk tipe orang pertama, buruan ubah kebiasaan kurang baik ini, Inspirator. Berbelanja karena keinginan semata bisa membuat kamu kehilangan kendali atas keuangan kamu. Nah, kamu bisa menjadi pembeli cerdas dengan menerapkan lima tips berikut:

Buat daftar belanja sesuai dengan kebutuhanmu

Sumber : thenextweb.com

Sebelum pergi untuk berbelanja, ada baiknya kamu menuliskan di kertas berisi daftar belanjaan yang kamu butuhkan. Patuhi daftar belanjaan yang kamu buat, supaya kamu dapat menghemat pengeluaran.

Siapkan anggaran belanja

Sumber : http://www.finanzaspersonales.co

Memiliki anggaran belanja membuat kamu lebih disiplin dengan pemakaian uang, karena kamu hanya dapat memakai uang yang kamu anggarkan.

Jangan tergoda promo dan diskon

Sumber : http://masbrooo.com

Sering kali pendirian kamu goyah karena melihat promo dan diskon besar-besaran, apalagi yang didiskon adalah barang yang selama ini kamu idam-idamkan. Peritel atau gerai mengadakan promo dan diskon supaya membeli barang yang mereka jual meskipun kamu tidak membutuhkan barang itu. Tetaplah memegang prinsip untuk membeli sesuai kebutuhanmu, bukan keinginanmu.

Kendalikan penggunaan kartu kredit

Sumber : https://money.howstuffworks.com

Kartu kredit memberikan kemudahan tersendiri bagi penggunanya. Tetapi, penggunaan kartu kredit yang tidak terkendali justru bisa menjadi masalah besar bagi kamu. Gunakan kartu kredit hanya pada saat mendesak dan segera lunasi tagihan kartu untuk mengurangi beban bunga yang harus kamu bayar.

Gampang bukan, untuk menjadi pembeli cerdas? Dengan menjadi pembeli cerdas, kamu bisa menghemat biaya pengeluaranmu dan bahkan menyisihkan uangmu untuk keperluan yang lebih penting di masa mendatang. Salah satunya, kamu bisa ikut berdonasi untuk membantu meringankan beban hidup sesama. Ingin berbagi kebaikan secara virtual? Simak caranya di sini.

Ingin tahu apa saja kesalahan umum orang dalam mengelola uang sehingga uang bulanannya tanggal lima belas sudah koma?

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here