Teori dan Karakteristik Berbagai Generasi, Kamu Termasuk Generasi Apa?

generasi
Foto: Pexels.com

 

Selamat siang dan berakhir pekan Inspirator! Inspirator pasti sudah pernah dengar kan generasi X, Y, Z dan yang paling booming banget pada saat ini adalah generasi millineals, tapi tahu gak sih Inspirator, siapa saja yang termasuk generasi X, Y, Z itu?

Menurut akutahu(dot)com, ada beberapa karakteristik generasi X, Y,  Z Yuk kita cari tahu.

Generasi X: 1965 – 1976

Foto: Wildapricot.com

Karakteristik: Berani menjadi diri sendiri, berjiwa bebas karena lahir dan tumbuh di tengah merebaknya semangat perubahan. Bersikap kritis, ambisius, memiliki ego besar, idealis sekaligus mandiri.

Generasi Y atau lebih sering disebut Generasi Millineals : 1977 – 1995

Ilustrasi: Kibarks.com

Karakteristik: Lebih individualis, cepat merasa bosan tidak memiliki loyalitas yang tinggi selalu ingin terlihat berbeda, namun juga lebih terbuka, dan senang akan hal baru. Generasi ini di besarkan di tengah perkembangan teknologi komunikasi seperti internet dan gadget. Sehingga generasi ini penuhn dengan inovasi.

Generasi Z: 1996 – 2010

Foto: Josh.org

Karakteristik: lebih luwes dalam berinteraksi dengan siapapun sehingga cenderung lebih toleran dengan perbedaan kultur dan sangat peduli dengan isu-isu social yang digulirkan social media. Generai Z atau generasi internet (iGenerasi), dibesarkan di tengah ledakan inovasi teknologi di berbagai bidang dengan akses yang semakin mudah dan murah.

Generasi Alpha: 2010 – sekarang

Ilustrasi: Mamamia.com.au

Banyak pakar yang mengatakan bahwa gen Alpha merupakan generasi yang paling terpelajar atau cerdas di dalam generasi manusia, karena memiliki orangtua yang terpelajar.

Bagaimana dengan Inspirator? Termasuk kedalam kategori generasi yang mana? Apapun itu, yuk jadi generasi terpelajar yang bermanfaat bagi lingkungan, bangsa dan negara.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here