Sulit Berkonsentrasi? Coba 4 Cara Sederhana Ini

Photo: herumindset.com

Inspirator sering merasa sulit berkonsentrasi dalam mengerjakan sesuatu?

Punya banyak tugas yang harus segera diselesaikan biasanya membuat konsentrasi seseorang lebih mudah terpecah. Mungkin, kamu berpikir mengerjakan banyak tugas dalam waktu bersamaan merupakan cara yang tepat. Contohnya, Inspirator mengerjakan tugas matematika sambil merangkum buku untuk tugas bahasa Indonesia dan sambil mencari data di Internet untuk tugas ekonomi. Kalau kamu berpikir mengerjakan tugas dalam waktu bersamaan merupakan cara efektif, pemikiran itu keliru.

Kamu perlu berkonsentrasi pada satu hal saja pada suatu waktu supaya pekerjaanmu selesai dengan baik. Kalau satu pekerjaan sudah selesai, baru lanjutkan mengerjakan tugas lain–begitu seterusnya sampai semua tugasmu selesai.

Masalahnya, beberapa dari kamu ada yang sulit berkonsentrasi dalam mengerjakan sesuatu. Kalau begitu, simak dulu empat cara ini untuk membuatmu mudah berkonsentrasi dengan baik!

1. Membuat rencana

Susunlah tugas apa saja yang harus kamu selesaikan, lalu buat dalam bentuk daftar berdasarkan urutan prioritas–tugas aoa yang harus diselesaikan lebih dulu. Tetapkan tenggat waktu pengerjaannya supaya bisa selesai dengan cepat, tepat waktu, dan hasilnya memuaskan.

2. Lakukan hanya satu hal pada satu waktu

Setelah tahu tugas apa yang akan kamu kerjakan lebih dulu, selesaikan tugas itu semaksimal mungkin dan lupakan sejenak tugas lain. Tenangkan pikiranmu dan yakinlah, semua tugasmu segera selesai.

3. Lakukan yang terbaik

Meskipun tugas dan jadwalmu padat, jangan sampai kamu mengabaikan hal ini. Selalu berikan yang terbaik. Misalnya, hari ini ada ujian matematika. Fokus dan pusatkan pikiranmu hanya ke ujian matematika. Fokus merupakan kunci untuk bisa berkonsentrasi dengan baik.

4. Istirahat yang cukup

Mengerjakan banyak tugas dalam rentang waktu terbatas memang melelahkan. Tubuh yang lelah akan sangat sulit diajak berkonsentrasi. Maka dari itu, setelah selesai mengerjakan satu tugas dan tubuh merasa sedikit lelah, jangan ragu untuk mengambil jeda. Istirahatkan tubuh dan pikiranmu; 10-15 menit cukup baik, karena kalau terlalu lama bisa membuatmu malas.

Mengerjakan pekerjaan apa pun butuh konsentrasi. Kalau kamu bisa berkonsentrasi pada tugas atau pekerjaan, tentunya akan memberi banyak keuntungan. Waktu yang kamu miliki jadi lebih efisien, hasil yang didapatkan lebih bagus, dan pikiranmu pun lebih tenang. Dengan berkonsentrasi, meskipun tugas dan pekerjaanmu menumpuk, tetap bisa teratasi dengan baik, kok.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here