Teknik Jepang Kuno untuk Membunuh Stres dalam Lima Menit

Sejak lama stres menjadi salah satu tantangan hidup yang dihadapi banyak orang, terlebih pada tahun-tahun belakangan ini ketika segala sesuatu—waktu, orang, kondisi ekonomi, politik, sosial, budaya, cara hidup—mengalami perubahan sangat cepat. Sering terjadi ketika perubahan datang kita tidak menduganya, tidak punya persiapan sedikit pun, dan akibatnya kita megap-megap ketika situasi dan kondisi yang dulu kita kenal ternyata tidak ada lagi dan sistem atau solusi yang dulu selalu berhasil kita gunakan tiba-tiba tidak mempan lagi.

Perubahan-perubahan yang datang mendadak ini yang sering dianggap menjadi biang keladi stres. Orang pun mencari penyaluran stres dengan cara-cara tidak sehat yang merusak diri sendiri, seperti mencari pelampiasan dengan merokok, minum minuman beralkohol, mengonsumsi narkoba, menikmati gemerlap dunia malam, bahkan stres yang berlanjut menjadi depresi tidak jarang berakhir dengan bunuh diri.

Meskipun perubahan tidak bisa dihindari, ada cara-cara untuk mengurangi stres yang mungkin menyertainya—mulai dari cara modern (terapi psikis, olahraga, menekuni hobi) hingga teknik kuno dari masa ratusan tahun lalu.

Salah satu cara kuno yang mudah dilakukan adalah pelepasan stres dengan teknik Jepang kuno. Selain mudah, teknik ini juga murah karena tidak memerlukan apa pun selain jemari tangan kita sendiri dan hanya membutuhkan waktu beberapa detik.

Menurut teknik ini, masing-masing jemari kita terhubung dengan emosi atau perasaan tertentu. Jika Anda tahu teknik ini, Anda bisa mengobati banyak kondisi kesehatan.

Dilansir dari Mesmerizing Words, berikut kondisi-kondisi yang diwakili setiap jemari tangan Anda:
1. Ibu jari bisa membantu mengatasi masalah kecemasan dan kekhawatiran.
2. Telunjuk bisa membantu mengatasi ketakutan.
3. Jemari tengah membantu mengendalikan perasaan marah dan kegetiran.
4. Jemari manis membantu mengobati kemurungan dan depresi.
5. Kelingking membantu meningkatkan perasaan menghargai diri sendiri, menunjang optimisme, dan mengelola stres.

Cara Melakukannya

Ada dua cara untuk melakukan teknik ini:
Cara 1: Genggam setiap jemari hingga Anda merasakan denyut nadi Anda, setelah itu ganti menggenggam jemari lain. Setelah semuanya mendapat perlakuan, pada akhir teknik Anda bisa memberikan tekanan lembut di telapak tangan dengan ibu jari tangan satu lagi selama tiga puluh detik hingga semenit. Dengan cara ini Anda bisa mendapatkan kondisi relaksasi mendalam.

Cara 2: Tergantung emosi apa yang ingin Anda obati, genggam jemari yang berkaitan dengan emosi itu dan pijat selama semenit. Setelah itu genggam kembali jemari yang sama selama semenit.

Versi asli teknik ini dan video tentang teknik Jepang kuno ini dan peragaan lewat video bisa dilihat di bawah ini:

sumber : artikel asli

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here