Teknik Bernapas 4-7-8 Untuk Tidur Nyenyak Dalam 60 Detik

Foto: Google Internet

Tidur menjadi problem serius bagi banyak orang zaman sekarang. Ritme kehidupan manusia modern yang “terlalu”–terlalu sibuk, terlalu banyak kegiatan, terlalu berisik–menimbulkan stres yang berujung pada masalah tidur. Banyak orang berbaring di ranjang dengan berbagai pikiran berputar di kepalanya dan tidak bisa tidur hingga berjam-jam kemudian. Bisa tidur nyenyak dalam 60 detik kedengarannya seperti dongeng.

Laman Power of Positivity menulis, seorang dokter bernama Andrew Weil mengatakan tidur nyenyak dalam 60 detik bisa dilakukan. Bukan hanya bisa, tapi juga semudah bernapas. Dr. Weil berkata latihan bernapas dengan rileks bisa membantu menenangkan pikiran saat kita bersiap untuk tidur. Dokter ini menyarankan teknik bernapas sebagai obat penenang alami untuk tubuh.

Foto: Google Internet

Bagaimana cara melakukan teknik bernapas 4-7-8 ini?

Pastikan posturmu senyaman mungkin supaya tidak menghambat kemampuanmu bernapas. Tempelkan ujung lidahmu di langit-langit mulut, di belakang gigi depan. Pertahankan ujung lidahmu di titik itu selama melakukan teknik bernapas 4-7-8 ini.

Mulai dengan mengembuskan napas hingga habis. Setelah itu hela napas lewat hidung hingga 4 hitungan. Tahan napas hingga 7 hitungan. Embuskan napas lewat mulut hingga 8 hitungan. Ulangi teknik bernapas ini tiga kali lagi.

Teknik ini mungkin menyebabkan kamu sedikit pusing pada awalnya, tapi akan membantumu rileks menjelang tidur jika rajin berlatih. Selain untuk bisa tidur dalam 60 detik, teknik bernapas 4-7-8 ini juga bisa digunakan ketika kamu merasa stres atau cemas dalam keseharianmu.

Foto: Google Internet

Mengapa teknik bernapas 4-7-8 bisa menjadi obat penenang alami?

Melambatkan ritme napas, memenuhi tubuh dengan oksigen, dan “memaksa” diri berfokus pada napas memungkinkan tubuhmu untuk rileks. Teknik bernapas lazim digunakan pemula yang ingin mulai melakukan meditasi.

Selain itu ada beberapa cara lain untuk membantumu bisa tidur nyenyak lebih cepat:

Ciptakan lingkungan khusus untuk tidur. Usahakan tidak ada televisi atau komputer di kamar tidurmu. Lingkungan tanpa perangkat digital memberitahu tubuhmu bahwa hari kerjamu sudah usai dan sekarang waktunya tubuhmu beristirahat.
Perhatikan suhu kamar. Suhu yang terlalu dingin atau terlalu panas membuat tubuh tidak nyaman, dan akhirnya sulit untuk rileks.
Menulis jurnal. Luangkan waktu beberapa menit sebelum tidur untuk menuliskan semua hal yang memenuhi pikiranmu. Menuliskan hal-hal ini mengirimkan pesan ke otak bahwa tidak apa-apa berhenti memikirkan urusan itu untuk beberapa lama karena solusi pasti muncul.
Ciptakan suasana tenang. Cari cara supaya kamarmu terhindar dari bunyi dan suara kesibukan.

Tidur yang cukup dan berkualitas penting untuk mempertahankan kesehatan fisik dan emosional setiap orang. Tidur berkualitas membuat tubuhmu bugar, fokusmu terjaga, konsentrasimu utuh, dan perasaanmu lebih positif. Semua ini secara tidak langsung mengarahkanmu semakin dekat pada kesuksesan. Coba lakukan teknik bernapas 4-7-8 ini mulai nanti malam, buktikan sendiri apakah teknik ini bisa membuatmu tidur nyenyak dalam 60 detik.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here