Hati-hati! Tanpa Kamu Sadari, Kebiasaan Sederhana Ini Akan Merusak Kesehatanmu

kebiasaan sederhana
Foto: Brightside.me

Selamat pagi Inspirator! Dari sekian banyak aktivitas yang kita dilakukan setiap harinya, mulai dari sekolah, bekerja, bersosialisasi sampai beristirahat kembali, Inspirator tentu punya kebiasaan sederhana.

Tetapi tahukah Inspirator, ternyata ada beberapa hal dari kebiasaan sederhana yang tanpa disadari akan merusak kesehatan dan patut diperhatikan. Misalnya kebiasaan menyilangkan kaki saat duduk.

Dilansir dari Brightside, berikut beberapa kebiasaan sederhana yang sebaiknya Inspirator hindari karena akan merusak kesehatan jika terlalu sering dilakukan.

Minum air terlalu banyak

kebiasaan sederhana
Foto: The Huffington Post

Air putih digunakan untuk memenuhi cairan yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun mengonsumsi air putih secara berlebihan bisa berakibat cukup fatal. Mengonsumsi air putih secara berlebihan membuat darah menjadi encer dan ginjal tidak dapat menyaring cukup cepat untuk menjaga keseimbangan sodium yang tepat. Kondisi ini disebut hiponatremia dan menyebabkan gejala termasuk kelelahan, mual, muntah dan sering buang air kecil.

Menggunakan Kacamata Hitam Palsu

kebiasaan sederhana
Foto: Brightside.me

Ada banyak cara untuk menghindari paparan sinar ultra violet (UV), salah satunya menggunakan kacamata hitam. Namun mahalnya harga kacamata UV menjadi alasan beberapa orang menggunakan kacamata hitam berbahan plastik biasa. Padahal penggunaan kacamata hitam tanpa pelindung UV dapat menyebabkan luka bakar retina, katarak, dan berisiko kanker.

Mengobati diri sendiri dengan botol air panas

kebiasaan sederhana
Foto: Brightside.me

Menggunakan air dingin atau panas ke bagian tubuh yang sakit adalah cara yang sering digunakan untuk menghilangkan rasa sakit. Padahal cara ini cukup berbahaya karena dapat menyebabkan peradangan akut di perut (usus buntu, kolesistitis, pankreatitis) dalam beberapa jam pertama dan beberapa hari kemudian bisa keseleo atau cedera.

Menyilangkan kaki

kebiasaan sederhana
Foto: Brightside.me

Menyilangkan kaki saat duduk mungkin membuat Inspirator merasa nyaman. Tetapi ternyata kebiasaan menyilangkan kaki ini bisa berdampak buruk pada kesehatan. Para ahli mengatakan bahwa menyilangkan kaki selama lebih dari 15 menit dapat menyebabkan mati rasa sementara kaki dan punggung, dan dalam jangka panjang, bahkan dapat menyebabkan stroke. Bahkan mengakibatkan hipertensi, varises, dan kerusakan saraf.

Makan di meja kerja

kebiasaan sederhana
Foto: Brightside.me

Pekerjaan belum selesai atau deadline menjadi alasan yang paling sering dikemukakan oleh seorang pekerja yang makan di area meja kerja. Padahal meja kerja menumpuk bakteri yang akan mengganggu pencernaan dan perut tidak bisa mencerna makanan karena otak tidak berkonsentrasi pada saat makan. Selain itu, kebiasaan ini juga tidak baik karena akan mengganggu rekan-rekan kerja.

Minum susu bebas lemak

kebiasaan sederhana
Foto: Brightside.me

Ini mungkin tampak sama seperti susu biasa tetapi sebenarnya tidak. Susu nol-lemak sangat berbeda dengan susu biasa dalam hal kegunaan. Ketika lemak yang diambil dari susu, vitamin pergi bersama mereka, digantikan oleh zat sintetis yang tidak cukup baik.

Posisi duduk tegak

kebiasaan sederhana
Foto: Brightside.me

Duduk dengan posisi tegak ternyata tidak dianjurkan. Postur tubuh saat duduk yang benar adalah posisi simetris dari semua bagian tubuh. Selain itu ketinggian kursi harus sesuai dengan panjang paha, bokong harus mengisi tidak kurang dari 2/3 dari kursi, dan sandaran kursi harus sesuai tulang belakang.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here