Survei Membuktikan: 3 Wanita Hebat Paling Dikagumi di Indonesia

Photo Credit: Google

YouGov, perusahaan riset pasar dan analisis data yang berkantor pusat di Inggris, pekan lalu merilis hasil survei mereka tentang laki-laki dan wanita hebat yang paling dikagumi di dunia. Di lingkup lebih kecil, ada beberapa wanita yang paling dikagumi di Indonesia. Siapa saja wanita hebat di hasil survei mereka? Berikut ini InspiratorFreak menyajikan tiga besar berdasarkan jumlah pengagum terbanyak.

1. Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (skor kekaguman 13.7 persen dari responden)

Wanita hebat pertama kita seorang menteri. Sejak masuk di jajaran Kabinet Kerja tahun 2014, Menteri Susi menyedot perhatian banyak orang; tidak hanya di Indonesia, bahkan juga masyarakat internasional. Di bawah kepemimpinannya banyak kapal berbendera asing yang mencuri ikan secara ilegal di perairan Indonesia nasibnya berakhir dengan di–“Tenggelamkan!”

Photo Credit: Google

Tidak hanya membuat kapal-kapal penangkap ikan ilegal gentar “gentayangan” mencuri ikan di laut Indonesia, sepak terjang Menteri Susi dalam menjaga ekosistem laut membuatnya diganjar Peter Benchley Ocean Awards pada 11 Mei 2017, penghargaan maritim tertinggi di dunia, atas visi dan kebijakannya terkait pembangunan ekonomi dan konservasi laut di Indonesia. Selain menyelamatkan ekosistem laut, kebijakan Menteri Susi juga terbukti mendongkrak pendapatan nelayan lokal sehingga hidup mereka lebih sejahtera.

2. Agnez Mo (skor kekaguman 8.9 persen dari responden)

Wanita hebat kedua kita Agnes Monica, yang sekarang lebih dikenal dengan nama panggung Agnez Mo. Mantan penyanyi cilik multitalenta ini sejak kanak-kanak sudah menyabet banyak penghargaan bergengsi baik di dalam maupun luar negeri, beberapa di antaranya: 18 kali Anugrah Musik Indonesia, 8 kali Panasonic Awards, 3 kali Asia Song Festival, juga pernah dipercaya menjadi duta antinarkoba se-Asia.

Agnez Mo membacakan Deklarasi Perdamaian saat perayaan Hari Perdamaian Internasional di Balai Kota Jakarta, 20/9/2015 (Photo Credit: Google)

Wikipedia.org mencatat, Agnez Mo sudah membawa pulang total 170 trofi. Terakhir, pada 25 November 2017 Agnez meraih penghargaan Mnet Asian Music Awards (MAMA) di Ho Chi Minh, Vietnam. Selain prestasi keartisan, gadis cantik bertekad baja ini juga sering menginspirasi banyak orang dengan pilihan busana dan style-nya yang unik. Tidak heran ya, Inspirator, kalau wanita hebat bersuara powerful ini menuai tingkat kekaguman sebesar 8.9 persen.

3. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (skor kekaguman 7.9 persen dari responden)

Wanita hebat kita yang ketiga lagi-lagi ibu menteri. Percaya diri, cerdas, tegas, berwibawa, rendah hati–lima karakter ini cocok untuk disematkan pada Menteri Sri Mulyani. Prestasi terkininya adalah dinobatkan sebagai Menteri Terbaik di Dunia versi World Government Summit di Dubai, pada 11 Februari 2018.

Photo Credit: Twitter at Google

Pada tahun-tahun sebelumnya sederet prestasi yang pernah disandang wanita hebat kelahiran Agustus 1962 ini antara lain:

– Menjabat Direktur Pelaksana Bank Dunia sejak 2010 sampai 2016. (Sstt, FYI ya, Inspirator, Menteri Sri Mulyani satu-satunya orang Indonesia yang pernah memangku jabatan ini, lho. Keren, bukan?)

– Menteri Keuangan terbaik se-Asia 2017 versi Finance Asia

– Mengejar pajak dari bisnis-bisnis raksasa sekelas Google dan Facebook

– Menaikkan peringkat investasi Indonesia menjadi BBB (layak investasi), tertinggi untuk Indonesia sejak 1995

Wah, mereka benar-benar wanita hebat ya! Kamu wanita, Kartini zaman now, jangan mau kalah dengan mereka. Apa pun bidang karier yang kamu tekuni, kalau disiplin dan gigih pasti sukses.

Mau tahu wanita hebat inspiratif berikutnya? Cari tahu di sini: Dian Pelangi Masuk Jajaran Forbes Under 30.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here