Supaya Bermanfaat, Hindari Kombinasi Susu dengan Makanan Ini
Ilustrasi: Goodwp.com

Hi Inspirator! Apakah Inspirator suka mengonsumsi susu? Jika Inspirator termasuk orang yang suka mengonsumsi susu, ada informasi penting nih yang wajib Inspirator baca.

Dalam komposisi makanan, susu menjadi pelengkap empat sehat lima sempurna. Tetapi faktanya susu tidak selalu berfungsi baik jika dikonsumsi dengan makanan tertentu. Sebagian kombinasi tersebut justru sering ditemukan dan tidak sedikit dari kita yang mengonsumsinya.

Nah, supaya manfaat susu tetap bisa kita dapatkan, hindari kombinasinya bersama makanan berikut:

  1. Susu dan Jeruk

Supaya Bermanfaat, Hindari Kombinasi Susu dengan Makanan Ini
Ilustrasi: Wartakesehatan.com

Menyatukan susu yang memiliki kandungan protein tinggi dicampur dengan jeruk yang memiliki kandungan asam sitrat akan mengakibatkan terjadinya penggumpalan pada susu. Sebuah penelitian dilakukan untuk membuktikan hal tersebut. Ketika satu gelas susu dicampur dengan air perasan jeruk dan setelah didiamkan beberapa saat, susu yang terdapat pada gelas tersebut menjadi menggumpal dan terpisah secara perlahan dengan kandungan air yang ada.

  1. Susu dan Teh

Supaya Bermanfaat, Hindari Kombinasi Susu dengan Makanan Ini
Ilustrasi: Bangka.tribunnews.com

Di Indonesia, bukan hal baru mengonsumsi teh dicampur dengan susu. Tetapi ternyata teh dan susu tidak disarankan untuk diminum secara bersamaan, baik susu hewani atau nabati seperti susu kedelai. Teh yang kaya antioksidan mencegah peradangan pada tubuh. Sementara kandungan protein susu akan mengikat antioksidan teh sehingga menghambat penyerapannya. Selain itu, penyerapan kalsium susu juga dapat terganggu oleh kafein di dalam teh.

  1. Susu dan cokelat

Supaya Bermanfaat, Hindari Kombinasi Susu dengan Makanan Ini
Ilustrasi: Goodwp.com

Susu mengandung protein dan kalsium, sedangkan cokelat mengandung asam oksalat. Kandungan dari kedua bahan makanan ini enggak cocok kalau disatukan karena dapat menghasilkan kalsium oksalat. Senyawa ini bisa menyebabkan diare dan tidak mudah larut dalam tubuh. Lalu bagaimana dengan susu cokelat yang biasa dijual? Tentu kandungan keduanya sudah sesuai rasio yang optimal.

  1. Susu dan Buah-buahan

Supaya Bermanfaat, Hindari Kombinasi Susu dengan Makanan Ini
Ilustrasi: EurActiv.com

Potongan buah ditambah serutan es dan siraman susu kental manis pastinya segar untuk dinikmati di siang hari. Tapi kombinasi ini tidak pas untuk kesehatan kita. Buah-buahan banyak mengandung asam dan tidak baik jika dicampur susu yang tinggi protein. Asam akan mengikat protein, sehingga sulit dicerna tubuh.

5. Susu dan Soda

Supaya Bermanfaat, Hindari Kombinasi Susu dengan Makanan Ini
Ilustrasi: Resepharian.com

Susu yang dicampur soda dapat menyebabkan terbentuknya kalsium karbonat (CaCO3) karena susu kaya akan kalsium sedangkan soda mengandung karbonat. Jika disatukan, Kalsium karbonat tersebut yang masuk kedalam tubuh akan mengendap di ginjal dan menyebabkan batu ginjal karena CaCO3 tidak dapat diserap tubuh dan sulit larut dalam air.

Selain kombinasi tadi, produk olahan susu seperti keju juga tidak bagus jika dikonsumsi dengan kacang. Penyebabnya karena dapat menghasilkan gas yang membuat perut kembung dan tidak nyaman. Jadi, sebaiknya hindari campuran susu dengan makanan tadi agar tubuh kita tetap sehat ya Inspirator!

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Penulis : Fajar Nugraha Wahyu

Editor   : Ifa Ikah

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY