Anak Muda Juga Bisa Sukses di Dunia Kerja, Kalau Terapkan Hal Ini

Setelah menyelesaikan pendidikan di bangku sekolah atau perkuliahan sering kali kita masih bingung untuk mencari pekerjaan. Bahkan setelah masuk dunia kerja pun tetap ada kecemasan yang timbul. Namun, sebagai anak muda haus pengalaman, kamu bisa memanfaatkan masa-masa ini untuk melakukan yang terbaik di tempat kerja.

Berikut ada tujuh hal yang harus kamu ketahui setelah menjadi karyawan di perusahaan.

  1. Perbaiki Mindset

sumber: evolutioneat.com

Lahirnya entreprenur sukses di usia muda jangan sampai membuat kamu merasa minder jika harus memulai bekerja menjadi karyawan. Buang jauh-jauh anggapan bahwa menjadi karyawan posisinya lebih rendah dibandingkan dengan menjadi pengusaha. Setiap orang memiliki kesempatannya masing-masing. Saat memutuskan untuk bekerja di bawah kepemimpinan orang lain, berpikirlah bahwa kamu harus bisa memberikan yang terbaik untuk kesuksesan bersama. Dirimu berharga dan merupakan bagian penting di perusahaan sehingga kamu perlu total dalam menjalankan pekerjaanmu.

  1. Cari Tahu Potensimu

sumber: www.counsellingnorthlondon.org

Agar tidak menjadi karyawan dengan performa di bawah rata-rata, sebaiknya kamu mengenali dulu potensi apa yang kamu miliki. Hal ini diperlukan supaya kamu lebih mudah menentukan perusahaan apa yang sesuai untukmu. Sehingga, potensimu bisa lebih berkembang.

  1. Jangan Terlalu Pemilih

sumber: www.dreamstime.com

Anak muda sering kali menempatkan gengsi di urutan pertama, terlalu pemilih dengan pekerjaan atau perusahaan yang menurutnya tidak keren atau belum populer. Hal ini justru menyebabkan kita sulit mendapatkan pekerjaan. Apabila ada posisi yang cocok dengan potensimu, apa salahnya mencoba? Siapa tahu kan, mungkin saja pekerjaan pertamamu adalah pintu menuju pekerjaan yang kamu impikan.

  1. Kenali Tempat Kerjamu

sumber: http://sendible.com

Kenali tempat kerjamu mulai dari apa visi dan misinya, bagaimana lingkungan kerjanya, jobdesk apa yang harus kamu jalankan, dan lain-lain. Ini penting karena bisa membuatmu terhindar dari perusahaan abal-abal. Kamu tentu lebih bersemangat dong, kalau ternyata visi dan misi tempat kerjamu sesuai dengan visi dan misimu?

  1. Persiapkan Diri untuk Tahapan Wawancara

sumber: diarylounge.com

Apabila berkas persyaratanmu dianggap lolos, tahapan selanjutnya adalah wawancara. Tahapan ini sering kali menjadi momok menakutkan bagi pelamar kerja. Kenali pola pertanyaan wawancara, berlatih untuk menjawab pertanyaan dengan cepat dan tepat, dan persiapkan dirimu dengan baik. Tampillah dengan percaya diri dan meyakinkan. Berhati-hatilah, saat kamu ingin tampil mengesankan sering kali kamu justru jadi tampak tidak mengesankan. Lalui tahap ini sewajarnya dan jangan berlebih.

  1. Mau Melakukan Lebih Daripada yang Diminta

sumber: kerjayuk.com

Selamat! Kamu berhasil mendapatkan pekerjaan baru. Meskipun kamu karyawan baru, jangan ragu untuk mau melakukan lebih daripada tugas utamamu. Maksudnya, jangan terpaku hanya pada jobdesk. Jika ada pekerjaan lain yang bisa kamu bantu, lakukan! Atasanmu akan merasa senang karena kamu mau membantu meringankan pekerjaan lain.

  1. Salah? It’s okay!

sumber: www.change.org

Usia muda merupakan waktu yang tepat untuk kita melakukan banyak kesalahan. Sebagai karyawan baru, kita tidak akan luput dari kesalahan. Kesalahan bukan hal yang harus ditakuti, namun hal ini baik kalau kamu menyikapinya sebagai pembelajaran. Melakukan kesalahan itu adalah hal biasa dalam belajar, namun jangan langsung putus asa, ya! Evaluasi diri dan perbaiki kesalahan tersebut. Kalau kamu tidak pernah berbuat kesalahan, mungkin kamu tidak akan pernah belajar.

Di era ini, mencari pekerjaan bisa dibilang gampang-gampang susah. Dibilang gampang karena sekarang internet menyediakan banyak peluang agar kamu bisa menemukan tempat kerja yang sesuai. Jangan mempersempit peluangmu mendapatkan pekerjaan hanya karena mengutamakan gengsi. Mulai saja dulu dari pekerjaan apa pun yang bisa kamu dapatkan. Meskipun begitu, tetap cari tempat kerja yang sesuai dengan potensi. Kalau kamu menyukai dunia desain, tentu tidak cocok kalau bekerja di bidang sales.

Nah, tujuh tips ini dapat membantumu untuk merintis kesuksesan di tempat kerja. Sekali lagi, jangan pernah berpikir kalau hanya jadi karyawan dirimu akan jauh dari kata sukses. Kalau kamu menjadi karyawan yang totalitas pada pekerjaan, perusahaan tempatmu bekerja akan bangga padamu!

Selamat mencari pekerjaan.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here