Kalau bisa diperbaiki, kenapa harus beli baru? | Source: robertsdonovan.com

Inspirator mungkin seringkali mengeluarkan uang untuk membeli barang baru karena kerusakan-kerusakan kecil. Contohnya, membeli kabel charger handphone baru karena kabel yang lama sudah mulai terkelupas dan kendur. Membeli tumbler baru karena tutupnya sedikit bocor juga terpaksa dilakukan karena akan sulit jika dibawa kemana-mana.

Tau nggak Inspirator, kerusakan-kerusakan seperti itu saat ini sudah ada solusinya tanpa harus membeli baru? Namanya Sugru, benda imut serbaguna yang bisa bantu perbaiki kerusakan-kerusakan di barang-barang milik Inspirator.

Sugru Si Super Mouldable Glue, Bisa Atasi Berbagai Kerusakan

Sugru
Super mouldable glue yang bisa bantu Inspirator perbaiki berbagai macam barang | Source: pinterest.com

Sebenarnya, masuk kategori benda apa sih si Sugru ini? Jadi, Sugru adalah sejenis lem, tepatnya super mouldable glue atau lem yang sangat bisa untuk dibentuk atau dicetak. Mungkin sekilas kita melihat bentuknya seperti mainan plastisin. Akan tetapi, daya rekatnya sangat kuat sehingga berguna untuk memperbaiki beragam jenis kerusakan pada benda-benda yang kita gunakan sehari-hari.

Si imut ini dapat dipakai untuk mengatasi berbagai macam kerusakan pada benda-benda yang kita gunakan setiap hari. Contohnya, lubang yang ada di sepatu ataupun yang telah disebutkan di atas seperti tutup tumbler yang bocor ataupun kabel charger yang bocor dan kendur. Atau, bisa juga menjadi gantungan sikat gigi dengan mudah.

Idenya Sudah Ada Lebih dari Satu Dekade yang Lalu

Sugru
Jane Ni Dhulchaointigh, sosok di balik terciptanya Sugru | Source: designcouncil.co.uk

Adalah Jane Ni Dhulchaointigh, seorang perempuan lulusan Royal College of Art di London yang menciptakan benda imut serbaguna ini. Ide menciptakan Sugru lahir pada tahun 2003, saat Jane sedang menempuh Master of Arts in Product Design di universitas tersebut. Karena terlalu sering membeli barang-barang baru, terlintas di benaknya agar dapat meningkatkan fungsi barang yang telah dimiliki tanpa harus keluar uang lagi.

Jane, dibantu rekan-rekannya telah berulang kali melakukan eksperimen, serta merasakan jatuh bangun sepanjang pengembangan Sugru. Titik puncaknya lahir pada tahun 2009, setelah spesimen Sugru ia kirimkan ke Daily Telegraph Technology Blog untuk mendapatkan review. Karena dapat digunakan mengatasi beragam kerusakan, tidak heran skor 10/10 didapatkan dalam review tersebut. Wow!

Tunggu 24 Jam Dahulu, Agar Berfungsi dengan Baik

Perlu 24 Jam agar dapat rekat sepenuhnya | Source: mnn.com
Perlu 24 Jam agar dapat rekat sepenuhnya | Source: mnn.com

Bagaimana sih cara pemakaiannya? Mudah saja, tinggal tempelkan Sugru kepada bagian dari barang yang Inspirator ingin perbaiki. Bentuk atau lapisi kerusakan yang ingin ditambal dengan hati-hati. Tunggu selama 24 Jam, barulah benda ini akan merekat kuat memperbaiki kerusakan di barang milik Inspirator. Tahan air, kebal terhadap sengatan cuaca panas ataupun dingin, tahan banting, serta mudah untuk dilepaskan (menggunakan pisau) menjadi beberapa keunggulan benda imut ini.

Berikut ini contoh beberapa perbaikan ataupun penambahan yang bisa dilakukan oleh Sugru:

Tahan panas, berguna kalau lagi memasak nih! | Source: instructables.com
Tahan panas, berguna kalau lagi memasak nih! | Source: instructables.com
Gagang restleting rusak? Tambal dengan Sugru! | Source: mnn.com
Gagang restleting rusak? Tambal dengan Sugru! | Source: mnn.com
Keran pun bisa dengan mudah difungsikan kembali | Source: sugru.com
Keran pun bisa dengan mudah difungsikan kembali | Source: sugru.com
Memperbaiki kabel yang sudah terkelupas dan kendur | Source: mac.softpedia.com
Memperbaiki kabel yang sudah terkelupas dan kendur | Source: mac.softpedia.com
Kamera yang jadi tahan banting setelah dipoles dengan Sugru | Source: instructables.com
Kamera yang jadi tahan banting, ga kuatir lagi pas foto-foto | Source: instructables.com

Ingin tau lebih lanjut tentang Sugru? Inspirator bisa langsung cek di website-nya di sini. (AT)

LEAVE A REPLY