Kamu Tipe Introvert atau Ekstrovert? Cari Tahu Cara Mengetahuinya di Sini!

Introvert atau Ekstrovert | Foto: http://polino.ir/
Foto: http://polino.ir/

Inspirator, apakah kamu penasaran kamu tipe introvert atau ekstrovert?

Jika kamu menjawab lebih bersemangat ketika bertemu banyak orang, kamu termasuk tipe ekstrovert. Jika jawabanmu pilihan yang satu lagi, berarti kamu tipe introvert.

Untuk lebih jelas, bayangkan dirimu berada dalam situasi berikut:

Related image
Foto: http://www.krbe.com/

Kamu ada di konser grup band kesukaanmu. Tentunya, apa pun rela kamu lakukan demi melihat idolamu. Jika kamu tipe ekstrovert, semangatmu seolah tidak ada habisnya sejak awal konser hingga acara berakhir. Bertemu orang-orang baru–meskipun kamu harus berdesak-desakan–malah membuatmu semakin senang. Berbeda halnya jika kamu tipe introvert. Selama dan sesudah berlangsungnya acara, kamu akan merasa lelah dan butuh istirahat, seolah-olah kamu kehabisan energi.

Ternyata, kondisi ini bukan semata katena mindset kamu saja, tapi ada penjelasan biologisnya

Sistem saraf otak tipe introvert dan ekstrovert berbeda, di mana neurotransmitter mengikuti jalan dominan yang tidak sama. Tipe introvert sensitif pada dopamin, sehingga ketika menerima banyak rangsangan eksternal, kamu akan cepat merasa lelah. Tipe introvert lebih menyukai berada di situasi yang tenang dan statis, misalnya ketika mereka sendirian. Ketika merasa lelah setelah pulang dari tempat kerja atau aktivitas harian, kamu lebih memilih pulang ke rumah untuk tidur atau menonton film favoritmu.

Image result for introvert or extrovert
Foto: https://www.dallascomedyhouse.com/

Jika kamu tipe ekstrovert, konsep yang berlaku adalah sebaliknya. Kamu kekurangan dopamin, sehingga kamu selalu haus akan interaksi dan adrenalin yang berfungsi untuk memacu dopamin tersebut. Kamu tidak sensitif terhadap stimulus dari lingkungan. Hal ini yang menjadi penyebab kamu baik-baik saja ketika berada di lingkungan ramai. Kamu menganggap kegiatan yang statis sebagai hal membosankan. Meskipun kamu lelah setelah seharian bekerja atau beraktivitas, kamu lebih suka bertemu teman-temanmu untuk me-refresh kembali pikiranmu dari urusan rutinmu.

Dari penjelasan di atas, menurutmu kamu tipe introvert atau ekstrovert, Inspirator? Jika kamu diibaratkan baterai, dayamu lebih banyak tersimpan ketika berada di situasi tenang atau ramai?

Tentu saja, ini hanya cara paling sederhana untuk penentuan awal tentang tipe kepribadian seseorang. Banyak tes psikologi lanjutan yang perlu dilakukan untuk memastikan hasilnya dengan lebih akurat.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here