Sudah Tahu Belum, 5 Makanan yang Sering Dianggap Baik Ini Bisa Jadi Berbahaya, Lho!

Photo: jurnas.com

Inspirator mungkin tidak menyangka, kalau makanan yang biasa kamu konsumsi ini ternyata bisa berubah menjadi “menyeramkan” kalau kamu salah mengolahnya. Makanan berikut ini mudah untuk ditemui di supermarket dan tentunya punya nilai gizi. Tetapi, tahukah kamu, ada penelitian yang menunjukkan bahwa makanan yang sering dianggap baik dan dikonsumsi ini ternyata dapat menjadi berbahaya, lho.

Bright Side memaparkan dafta beberapa makanan yang dapat membahayakan tubuh. Coba cek, ada makanan yang sering kamu konsumsi tidak?

1. Selada

Sayuran hijau yang cocok disajikan sebagai pelengkap burger atau kebab ini ternyata bertanggung jawab atas 363 wabah dengan 13.568 kasus keracunan yang telah diketahui. Menurut penelitian dari Pusat Sains untuk Kepentingan Umum yang telah menganalisis statistik selama 12 tahun terakhir, penyebab utama kasus keracunan makanan berasal dari selada.

Photo: lemonilo.com

Selada banyak dijual di pasar maupun supermarket. Kalau kamu membeli selada yang dikemas dan siap dimakan, kamu tetap harus mencucinya dulu dengan bersih sebelum disajikan.

2. Ayam

Ayam mentah mengandung bakteri Campylobacter–bakteri yang menyebabkan keracunan makanan–yang dapat menyebabkan rasa mual hingga demam dan masalah gastrointestinal–masalah pada lambung dan usus. Bakteri ini terdapat pada daging ayam mentah.

Photo: tribunnews.com

Maka dari itu, ketika kamu mencuci daging ayam mentah, pastikan benar-benar bersih dan masak sampai matang untuk menghindari bakeri ini. Gunakan sarung tangan juga supaya semakin terjamin kebersihannya ya, Inspirator.

3. Telur

Photo: jurnas.com

Kamu sering menemukan cangkang telur yang masih dilekati kotoran? Lebih baik kamu luangkan waktu sebentar untuk mencucinya sampai bersih, karena di cangkang yang masih terdapat kotoran ayam ada bakteri Salmonella–bakteri yang menginfeksi usus–dan dapat menyebabkan diare. Jadi, supaya lebih aman, cuci bersih dulu cangkang telur sebelum diolah.

4. Keju

Keju dapat menjadi penyebab keracunan jika susu yang digunakan berasal dari hewan yang sakit dan tidak dipasteurisasi dengan sempurna. Ada risiko yang mengancam kesehatan seperti terkena brucellosis–penyakit infeksi bakteri Brucella yang ditularkan dari hewan ke manusia, biasanya melalui konsumsi susu–karena masih terdapat mikroorganisme patogen yang dapat menyebabkan keracunan.

Photo: tribunnews.com

Makanya, beli keju dari produsen tepercaya yang selalu menggunakan bahan-bahan terbaik.

5. Sosis dan olahan daging

Kamu sering mengonsumsi olahan daging siap saji? Kalau ya, kamu harus mulai menguranginya. Menurut penelitian, 12 persen sosis dan olahan daging siap saji berpotensi terinfeksi Escherichia¬†coli dan mikrooganisme patogen seperti Listeriosis–bakteri yang terdapat pada daging mentah atau kurang matang–dan Salmonella.

Photo: samishare.com

Jika dikonsumsi dalam jumlah banyak dan sering,dapat merusak sistem saraf, bahkan menyebabkan meningitis.

Wah, seram ya, Inspirator? Makanan di atas pasti sering kamu temui atau bahkan kamu konsumsi. Mulai sekarang, selalu hati-hati dalam mengolah dan mengonsumsinya. Jangan malas untuk mencuci bersih semua bahan makanan sebelum dikonsumsi.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here